Masyarakat Humbahas Kurang Ramah terhadap Wisatawan

DosmarDoloksanggul – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), menuding masyarakat dan tokoh masyarakat pemicu minimnya pengunjung wisatawan di Humbahas selama ini, karena tidak mampu untuk menarik simpatik wisatawan.

Untuk itu, diminta kepada para tokoh adat,tokoh masyarakat agar menunjukkan nilai nilai adat dan budaya Batak yang baik dan harus sopan dan menghormati wisatawan.

Itu dikatakan Dosmar Banjarnahor, terkait wacana pemugaran istana Raja Sisingamangaraja di Bakkara, Kecamatan Baktiraja.

Lebih lanjut Dosmar mengatakan pada kunjungan lokasi istana, Senin (29/2) Kecamatan Baktira, melihat Bangunan istana yang mulai rusak, hingga kurang manarik minat wisatawan untuk berkunjung ke istana itu menjadi alasan pemugaran, guna menarik kunjungan wisatawan ke daerah pesisir Danau Toba itu.

Selain itu, budaya bersih lingkungan juga menjadi salah satu fokus kita terhadap masyarakat di daerah ini. Sebab, kalau suatu daerah itu bersih dan rapi, serta didukung sikap yang ramah tadi, maka wisatawan akan betah datang ke sini.

Siapapun wisatawannya itu, kalau syarat itu tadi ada, serta didukung panorama alam yang indah, maka dia akan dating kembali berkunjung ke daerah itu. Begitulah yang kita harapkan di Bakkara ini, pungkas Dosmar.

Dosmar Banjarnahor juga menghimbau agar warga Bakkara dapat menunjukkan jati diri sebagai suku Batak yang kental dengan nilai-nilai adat dan budaya.

”Karena tujuan kita adalah untuk menjadikan Bakkara sebagai daerah kunjungan wisata ke Humbahas, maka kepada para tokoh masyarakat dan tokoh adat daerah ini tadi juga kita minta agar menunjukkan nilai-nilai adat dan budaya Batak yang baik. Jangan lagi kita sembarangan terhadap wisatawan. Kita harus sopan dan menghormati mereka,” tandasnya. (ph)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s