Bupati Humbahas Dilantik

Bupati HumbahasMedan – Pelantikan 15 kepala daerah serentak di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (17/2), sukses. Ribuan warga hadir menyaksikan acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan yang dilakukan Plt Gubsu T Erry Nuradi atas nama Menteri Dalam Negeri.

Plt Gubsu dalam amanahnya mengatakan, kepala daerah yang sudah dilantik harus menyesuaikan visi dan misi daerah dengan visi presiden dalam melaksanakan pembangunan.

Erry mengingatkan pesan Presiden pada pelantikan tujuh gubernur hasil pilkada serentak 9 Desember di Jakarta. “Presiden berpesan pemilukada telah melahirkan pemimpin pilihan rakyat yang harus bekerja keras untuk mencapai kesejahteraan rakyat di daerahnya,” sebut Erry.

Jadi, katanya, sudah saatnya para kepala daerah berjanji kepada rakyat untuk memastikan setiap rakyat merasakan makna kehadiran pelayanan pemerintah dalam kehidupan sehari-hari.

Terkait dengan sarana dalam penyediaan fasilitas umum, kepala daerah harus memastikan semua rakyat dapat mengakses air bersih, listrik, menikmati layanan transportasi yang terjangkau serta bisa mengakses layanan pendidikan dan kesehatan.

Di bidang ekonomi, Presiden juga berpesan agar tetap menjaga daya beli masyarakat dengan menekan dan mengendalikan inflasi. Program pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus berupaya membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja. Pemerintah daerah harus merumuskan langkah-langkah yang lebih konkrit untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan antarwilayah dan kesenjangan sosial.

“Oleh karena itu kita harus menyesuaikan visi dan misi daerah dengan visi presiden dalam melakukan pembangunan. Presiden menginginkan simpul pemerintah berada di provinsi, yang menghubungkan antara daerah dan pemerintah pusat,” ujarnya.

Plt Gubsu juga mengingatkan agar para kepala daerah yang dilantik untuk tak menyia-nyiakan amanah yang dipercayakan rakyat melalui pemilukada lalu.

“Mulailah bekerja dengan baik, tidak perlu berlama-lama dalam euphoria kemenangan,” katanya. Karena presiden telah meminta proses program dan kegiatan di daerah dalam rangka pelaksanaan APBD harus dilaksanakan sejak Januari 2016.

Pelantikan dan pengambilan sumpah l5 bupati/walikota terdiri atas 14 pasang bupati/walikota dan wakil adalah terpilih dari hasil pilkada serentak pada 9 Desember lalu.

Sedangkan Plt Bupati Tapteng dilantik sebagai bupati definitif.

14 Kepala Daerah

Adapun 14 kepala daerah hasil pilkada 9 Desember 2015 yang dilantik yakni Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution (Medan), M Syahrial-Ismail (Tanjung Balai), Muhammad Idaham-Timbas Tarigan (Binjai), M Syarfi Hutauruk-Edipolo Sitanggang (Sibolga), Syahrul M Pasaribu-Aswin Efendi Siregar (Tapanuli Selatan), Kharuddin Syah Sitorus-Dwi Prantara (Labuhan Batu Utara),Soekirman-Darma Wijaya (Serdang Bedagai), Taufan Gama Simatupang-Surya (Asahan).

Pasangan Pangonal Harahap-Andi Suhaimi Dalimunthe (Labuhanbatu), Wildan Aswan Tanjung-Kholil Jufri Harahap (Labuhan Batu Selatan), Remigo Yolando Berutu-Maju Ilyas Padang (Pakpak Bharat), Dosmar Banjarnahor-Saut Parlindungan Simamora (Humbang Hasundutan), Rapidin Simbolon-Juang Sinaga (Samosir), dan pasangan Darwin Siagian-Hulman Sitorus (Toba Samosir). Ditambah Sukran Jamilan Tanjung sebagai Bupati Tapanuli Tengah definitif menggantikan Bonaran Situmeang.

Prosesi pelantikan serentak ini baru pertama dilakukan. Esensi dan makna yang terkandung dengan perubahan ini, kata Erry, agar lebih menyederhanakan tata cara, efisiensi sumber daya serta yang paling penting adalah lebih mendekatkan proses ini kepada semua masyarakat yang merupakan konstituen dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Usai prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan, Plt Gubsu beserta kepala daerah yang baru dilantik berjalan menuju panggung rakyat yang berada di seberang pendopo.

Sementara di sisi kanan dan kiri panggung rakyat terdapat tenda-tenda yang menyediakan produk khas daerah.

Panggung rakyat dimeriahkan artis ibukota di antaranya Yuni Shara, Vicky Shu dan Ermy Kulit. Plt Gubsu beserta para kepala daerah yang baru saja dilantik ikut memeriahkan panggung rakyat dengan ikut bernyanyi bersama. Dia mengimbau agar seluruh masyarakat bersatu untuk membangun Sumut.

“Kita semua harus kompak, jangan terkotak-kotak,” ujarnya.

Mengakui

Sebelumnya Plt Gubsu mengaku, anggaran pelantikan patungan baik provinsi maupun daerah yang kepala daerahnya dilantik.

Hal ini diakui Kepala Biro Kerjasama dan Otonomi Daerah (Otda) Pemprov Sumut, Jimmy Pasaribu. “Sudah ada kesepakatan anggaran pelantikan itu patungan antara provinsi dan daerah Keseluruhan biaya akan dibagi rata 16 pemerintahan. Berapa biaya, kita bagi rata. Kan 15 nanti ya bagi semua. Tambah kita (jadi) 16. Soalnya masing-masing tidak ada menampung (APBD), provinsi (juga) tidak,” ujar Jimmy.

Sebenarnya, sebut Jimmy, Pemprov Sumut ada menganggarkan biaya pelantikan kepala daerah selama satu tahun dengan catatan menggunakan fasilitas pemerintah seperti Aula Martabe dan Gedung Serba Guna atau untuk jumlah besar bisa menggunakan gedung milik negara lainnya.

“Kita ada biaya pelantikan itu selama satu tahun, bukan artinya melantik yang ini (pelantikan serentak) termasuk biaya perjalanan mengambil SK. Kalau pelantikan, kita hanya sanggup untuk (Aula) Martabe. Dengan catatan itu tidak masuk biaya. Paling dana dekorasi, itu saja,” sebutnya.

Dia menjelaskan, ketentuan dari pusat, membuat pelantikan harus digelar di ibukota provinsi, dalam hal ini Kota Medan. Namun menjadi prioritas penyelenggaraannya dilakukan di gedung. Sedangkan penggunaan Lapangan Merdeka, untuk mengambil makna pelantikan serentak.

Apalagi katanya, jika digelar di dalam gedung, tidak mencukupi dengan jumlah massa hingga ribuan orang untuk pelantikan seperti kemarin.

Soal panggung hiburan, Jimmy mengungkapkan hal itu merupakan inisiatif kepala daerah berdasarkan kesepakatan.

Alasannya agar lebih dekat ke masyarakat.

Pun begitu, ia mengatakan belum tahu dari mana sumber anggaran akan diambil. Sebab pengakuannya kemarin, belum ada anggaran yang dibagikan kepada mereka meski sudah dilakukan usulan. (nai)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s