Drs Nikson Nababan Usulkan Nama Bandara Silangit Diganti Menjadi Munson-Lyman

Bandara1JAKARTA – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan mengusulkan kepada pemerintah pusat agar mengganti nama Bandara Silangit menjadi Munson-Lyman.“Saya usulkan menggunakan nama Munson-Lyman. Mereka adalah pelaku sejarah di tanah Batak,” ujar Nikson di Jakarta Senin (15/2).

Munson dan Lyman adalah misionaris asal Amerika Serikat yang pada tahun 1834 diutus oleh The American Board of Commissioners for Foreign Mission (ABCFM) di Boston untuk menyebarkan ajaran Kristen ke Sumatera.

Pada 17 Juni 1834 mereka berdua tiba di Sibolga dan menetap beberapa hari di sana. Namun pada 28 Juni 1834, mereka ditangkap dan dibunuh oleh Raja Pintubosi.Menurut Nikson, dirinya ingin mengingatkan masyarakat dan generasi muda akan jasa-jasa nenek moyang.

“Kita ingin mengingatkan generasi muda bahwa ada peletak sejarah yang perlu dikenang. Dari mereka kita bisa belajar,” ujar Nikson.

Namun Nikson mengatakan bahwa hal tersebut hanya sekadar usulan saja.Adapun realisasinya tergantung kepada pemerintah, khususnya kementerian perhubungan.

Sebelumnya Nikson Nababan berharap agar maskapai penerbangan segera membuka rute penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Silangit di Tapanuli. “Kalau bisa secepatnya. Karena permintaan masyarakat sangat besar,” ujar Nikson.

Menurut Nixon, permintaan penerbangan dari Tapanuli menuju Jakarta setiap tahunnya bisa mencapai 4 juta orang.
Penerbangan langsung dari Jakarta menuju Silangit ini, kata Nixon akan sangat membantu masyarakat. Pasalnya, dengan adanya Bandara Silangit, pesawat dari Jakarta ke Tapanuli tidak perlu transit terlebih dahulu di Bandara Kualanamu. (kc/nt/ch/int)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s