Kades: Kami Dikumpulkan dan Dikutip Rp 3 Juta

Pahaejae – Seorang kepala desa di Kecamatan Pahae Jae, Tapanuli Utara, mengaku bahwa ia dan beberapa rekannya sesama kades dikutip Rp3 juta oleh seorang staf Inspektorat. Uang yang belum diketahui peruntukannya itu diserahkan saat pertemuan berlangsung di kantor kecamatan, Jumat (5/2) lalu.

Demikian pengakuan oknum kades yang meminta namanya dirahasiakan itu saat ditanyai wartawan, Senin (8/1). Menurutnya, pada hari itu Inspektorat melakukan kunjungan kerja untuk membahas soal dana desa. Dan para kepala desa pun diminta untuk berkumpul di kantor kecamatan. Setelah adanya pertemuan dengan pihak Inspektorat, mereka dimintai menyerahkan uang Rp3 juta.

“Saat itu kami dikumpulkan di aula kantor camat dan dimintai uang Rp3 juta. Uang itu kami serahkan kepada salah seorang staf Inspektorat,” jelasnya tanpa memberitahu siapa nama staf yang mengutip uang tersebut.
Ia juga mengatakan, uang itu bukan dikutip darinya saja. Sebab saat itu ada beberapa kepala desa lain yang hadir di sana dan ikut menyerahkan uang.

“Yang pasti peruntukannya itu, sampai saat ini kami tak tahu untuk apa uang itu dikutip.”Camat Pahae Jae, Tutur Simanjuntak yang dikonfirmasi wartawan, membenarkan adanya kedatangan tamu dari Inspektorat Taput baru-baru ini. Namun berselang beberapa jam kemudian saat ditanya New Tapanuli, Tutur membantahnya.

“Pertemuan Inspektorat dengan para kades tidak ada sama sekali. Dari mana bapak tahu mengenai pertemuan kades? Tidak ada pertemuan. Kades di Kecamatan Pahae Jae berjumlah tiga belas orang,” katanya.

Terpisah Kepala Inspektorat, Manoras Taraja yang dikonfirmasi soal kutipan itu melalui telepon selulernya, Senin (8/2), mengaku akan mengecek informasi tersebut.

“Terima kasih atas informasinya. Besok akan segera kita cek siapa yang datang. Pak Sihombing, di mana mereka ketemu dan dengan siapa? Apakah Camat Pahae Jae tahu? Tolong kasih tahu informasinya,” kata Manoras. (as)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s