Masyarakat Laporkan Dugaan Penyimpangan Dana Desa

desaSipoholon – Masyarakat Desa Simanungkalit, Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) melaporkan dugaan penyimpangan penggunaan dana desa 2015 senilai Rp 320 juta ke Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Taput.

Dalam laporannya yang disampaikan melalui Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu W. Baringbing SH, Rabu, (3/2), Jona Simanungkalit didampingi Sabar Simanungkalit mewakili masyarakat, mengungkapkan, dugaan penyimpangan penggunaan dana desa itu terindikasi dari hasil pengerjaan proyek pembangunan yang dinilai tidak sebanding dengan besarnya pagu anggaran yang digunakan.

“Contohnya, fisik pengerasan jalan setapak yang menggunakan dana desa tidak sesuai dengan bestek dan volume sehingga ada kecurigaan kami dana desa itu di mark up,” kata Jona Simanungkalit.

Selain menyangkut kurang sesuainya fisik pembangunan, Jona menambahkan, kecurigaan masyarakat terhadap pembangunan yang menggunakan dana desa itu timbul, terlebih karena pihak aparat desa selama ini tidak transparan dan tidak pernah melibatkan masyarakat dalam setiap rencana pembangunan.

“Proyek pembangunan yang bersumber dari dana desa itu hanya dikerjakan aparat desa bersama keluarganya, tidak pernah melibatkan masyarakat dalam setiap pembangunan,” ungkapnya.

Mereka meminta Polres Taput menyelidiki dan mengusut dugaan penyimpangan penggunaan dana desa yang bersumber dari APBN dan APBD Taput itu.

“Kami berharap aparat segera mengusut kasus ini karena sudah merugikan masyarakat,” katanya dan mengatakan saat ini sudah ada 48 orang warga desa yang membubuhkan tandatangan mendukung aparat mengusut kasus itu.

Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu W. Baringbing SH menegaskan, pihaknya akan menindaklanjuti dan menyelidiki (Lidik) laporan masyarakat itu.

“Tentu laporan ini akan segera kami tindaklanjuti dengan memanggil sejumlah pihak terkait, apalagi sebelumnya kita juga sudah memberikan peringatan agar penggunaan dana desa tepat sasaran dan sesuai aturan,” ujarnya. (can)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s