Bandara Silangit Diperbesar, Pesawat Tak Perlu Transit di Kualanamu

Bandara SilangitSiborongborong – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan didampingi Anggota DPR RI Dr Anthon Sihombing MSs  melakukan peninjauan Bandara Silangit Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Menhub berkunjung selama kurang lebih 30 menit dan mengadakan pertemuan dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) dan  Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan.

Jonan mengatakan, AP II sebagai pengelola Bandara Silangit sepakat bahwa akan memperbesar landasan pacu runway Bandara Silangit dari 2.400×30 meter (m) menjadi 2.400×45 m hingga menambah kekerasan landasan.

“Gini, tadi diskusi dengan Dirut AP II, Bupati. Jadi AP II sepakat untuk tahun ini memperbesar runway-nya. Sekarang itu runway ukurannya 2.400×30 m. Nanti diperbersar jadi 2.400×45 m. Nah kekerasan landasan atau PCN dari 32 jadi 40,” ucap Jonan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (5/2/2016).

Jonan menambahkan, dengan diperluasnya landasan pacu, maka pesawat jet seperti 737-400,737-500, bahkan 737-800 fully loaded bisa masuk ke sana. AP II sendiri memang sudah komitmen melakukan pengembangan Bandara Silangit.

“Sehingga harapannya, kalau orang mau yang ke wilayah sekitar ini, katanya Pak Bupati ada tujuh kabupaten, tidak perlu lagi untuk transit di Kualanamu. Jadi langsung di sini,” sebut Jonan.

Jonan menambahkan, dengan diperbesarnya landasan pacu, penerbangan langsung dapat dilakukan misalnya dari Jakarta maupun kota-kota besar lainnya seperti Palembang, Makasar hingga Surabaya ke Silangit.

“Tower juga akan dibangun. Kan tower sekarang gabung dengan pemadam kebakaran dan pagar. Kalau itu selesai, sesuai standar internasional jet masuk selesai. Itu hasilnya,” tukas Jonan.(rai)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s