Desa Selamat Dihantam Banjir Bandang

BandaPURBA TUA – Hujan deras yang melanda wilayah Tapanuli Utara (Taput), Minggu (31/1) petang, membawa bencana banjir bandang di Desa Selamat, Kecamatan Purba Tua. Sejumlah rumah warga pun terkena dampak luapan Sungai Aek Longan tersebut.

“Ya, kejadiannya sekira pukul 16.30 WIB. Sebelumnya hujan deras mengguyur sejak pukul 16.00 WIB,” ujar Kapolsek Pahae Jae AKP Tulus Panggabean saat dihubungi New Tapanuli, kemarin.

Kapolsek yang tengah berada di lokasi bersama jajaran aparat Muspika menyebutkan, banjir bandang membawa material seperti lumpur, bebatuan dan bongkahan kayu yang berukuran cukup besar. Namun hingga petang itu, pihaknya belum ada mendapat laporan akan adanya korban jiwa.

“Itu sebagian masuk ke areal pemukiman warga, air dan lumpurnya ada yang masuk ke rumah, kayu-kayu dan batu berserakan di halaman rumah warga. Tapi belum ada laporan korban jiwa,” ucapn
Kapolsek. Ditambahkannya, warga menyebutkan bahwa Sungai Aek Longan memang sudah pernah meluap, tapi kali ini dampaknya lebih besar dibanding peristiwa serupa sebelumnya. Ketinggian air dan lumpur yang memasuki rumah warga diperkirakan setinggi lutut orang dewasa.

“Kata warga memang sungai Aek Longan ini kalau hujan deras sering banjir. Tapi tak segini besar, yang dulu hanya membawa pasir saja. Meskipun sungainya tidak termasuk yang besar, tapi menurut keterangan warga, air yang dari gunung (hulu) sana yang besar,” kata Kapolsek.

Kapolsek menyebutkan, menjelang malam hujan mulai reda. Dengan dibantu aparat kepolisian dan TNI, warga mulai membersihkan rumahnya yang terendam air dan lumpur. Sedangkan jaringan listrik ke desa yang mayoritas dihuni warga bermarga Pasaribu itu tidak terganggu.“Karena hujan sudah mulai reda, air berangsur turun. Warga mulai membersihkan rumahnya. Kalau untuk listrik tetap menyala,” pungkas Kapolsek. (ms)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s