Polisi Lidik Penyimpangan Pengadaan Benih Karet

Tarutung – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Taput menyelidiki (Lidik) dugaan penyimpangan pengadaan benih karet okulasi di Dinas Pertanian dan Perkebunan Taput dengan pagu Rp 1 miliar tahun 2015.

“Saat ini kita menyelidiki dugaan penyimpangan pengadaan benih karet Dinas Pertanian Taput,”ujar Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu W. Baringbing SH, kepada wartawan, Selasa, (19/1) di Mapolres.

Menurutnya, penyelidikan dilakukan setelah ada laporan masyarakat, pengadaan benih karet di Dinas Pertanian sebanyak 119.000 dengan pagu Rp 1 miliar itu diduga menyimpang.

Dugaan penyimpangan terindikasi dari kualitas benih yang kurang sesuai dan jumlah benih, yang diduga tidak sesuai jumlah yang ditetapkan.

“Sesuai laporan kualitas benih itu kurang sesuai, begitu juga dengan jumlah diduga tidak sesuai. Pengadaan benih itu sebanyak 119.000 batang, apakah sesuai, ini yang masih kita telusuri,”ucapnya.

Baringbing menegaskan, pihaknya akan memanggil pihak Dinas Pertanian dan Perkebunan Taput untuk dimintai keteranga.

“Kita akan memanggil mereka (pihak Dinas Pertanian) untuk dimintai ketera­ngan,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Taput, Ir Marko Panggabean yang dikonfirmasi wartawan via seluler membantah ada penyimpangan pengadaan benih karet.

Menurutnya, proses pengadaan sampai penyaluran benih karet di Dinas Pertanian tahun 2015 seluruhnya sesuai dengan aturan.

“Kualitasnya sudah sesuai, karena benih itu dari Balai Benih Provinsi Sumut dengan memakai lebel kualitas tinggi. Jumlahnya juga sudah sesuai dan sudah disalurkan kepada masyarakat,”ucapnya kepada wartawan. (can)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s