Taput akan Bangun 10 Kolam Ikan

Kolam Balai Benih Ikan Purbatua
Kolam Balai Benih Ikan Purbatua

Tarutung – Dinas Perikanan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) akan membangun dan menambah 10 titik kolam baru di sejumlah kecamatan yang dinilai berpotensi dijadikan sebagai areal peternakan ikan.

“Tahun ini kita akan membangun 10 kolam ikan baru di sejumlah kecamatan yang berpotensi dijadikan areal peternakan,”ujar Kepala Dinas Perikanan Taput, Longgos Pandiangan kepada wartawan, Senin, (4/1).

Longgos mengatakan, pembangunan kolam ikan baru ini untuk pengembangan sektor perikanan air tawar di Taput. Pasalnya, sampai saat ini ketersediaan ikan tawar masih minim dan belum mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sampai saat ini, ikan dari luar yang masuk ke Taput. Sektor perikanan harus terus digenjot,”katanya.

Longgos mengatakan, nantinya kolam ikan ini akan dihibahkan kepada kelompok masyarakat peternak di sejumlah kecamatan untuk dikembangkan menjadi areal peternakan yang memproduksi ikan yang banyak.

“Ini merupakan ransangan kepada masyarakat petani agar termotivasi mengembangkan peternakan ikan,” katanya.

Dia mengaku, sebelumnya pihaknya juga telah menghibahkan puluhan kolam ikan kepada masyarakat peternak untuk pengembangan sektor perikanan. Selain fasilitas kolam ikan, pihaknya juga turut memberikan bantuan benih ikan mas dan nila kepada masyarakat.

Dengan ada pengembangan sektor perikanan air tawar ini, diharapkan selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, nantinya bisa juga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Paling tidak, kebutuhan ikan di daerah kita nantinya bisa teratasi, tidak lagi ikan dari luar yang masuk ke Taput dan ekonomi masyarakat juga bisa meningkat,” katanya. (can)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s