Arus Balik Membludak

ArusTarutung – Arus balik penumpang di Kota Tarutung tampak membludak dan memenuhi stasiun angkutan umum yang ada, Minggu (3/1). Diperkirakan, arus balik masih akan berlangsung hingga hari ini.

Seperti pantauan, kemarin, selain ratusan penumpang yang memadati stasiun bus, arus lalulintas di Kota Tarutung juga padat. Baik itu mobil pribadi yang hanya melintas, bus jurusan Medan-Riau-Jakarta, maupun pemudik yang akan pulang dari Kota Tarutung.

“Kami penumpang dari Tarutung menuju Riau yang akan kembali ke tempat asal untuk bekerja setelah liburan Tahun Baru usai,” kata Asrul Pardede (37) di Loket Hutabarat Bintang Utara yang berada di Jalan Raja Yohanes, Kota Tarutung.

Mandor Bintang Utara, Lelo Hutabarat (44) menjelaskan, arus balik penumpang memang sudah mulai ramai sejak beberapa hari lalu. Bahkan pada Minggu, penumpang kian membludak. Utamanya yang menuju Pekanbaru, Riau.“Namun begitu kita sudah menyiapkan bus Bintang Utara dan bus Indah Karya jurusan Pekanbaru dan Riau,” kata Lelo.

Di loket bus lainnya, Nora boru Purba (40) seorang penumpang tujuan Medan mengatakan, dirinya akan kembali ke kota perantauan karena liburan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga di Taput sudah usai.“Pengen cepat pulang, sebab bus sudah ramai diboking orang, khususnya jurusan Medan. Saya saja sudah duluan memesan tiket supaya tidak terlambat kembali bekerja,” ujar Nora boru Purba di loket bus KBT Tarutung, Jalan DI Panjaitan.
Karyawan loket bus KBT, Riduan Nababan (36) mengakui arus penumpang sudah meningkat tajam, terlebih tujuan Medan.

“Kami sampai sibuk sekali akibat meningkatnya penumpang ankutan darat yang berangkat tujuan Siantar dan jurusan Medan ini,” sebutnya.

Sementara agen bus KBT J Lumbantobing mengatakan, ada peningkatan penumpang hingga 50-60 persen di loket bus tempatnya mencari nafkah.

“Jika dibandingkan hari normal, kenaikan penumpang arus balik ini kurang lebih 50-60 persen, dengan jurusan Medan dan Pematangsiantar,” ucap Lumbantobing.

Dia menambahkan, sebagian pemudik sengaja memilih datang lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang.

“Arus balik kali ini jauh lebih meningkat dari tahun kemarin. Makannya kita sampai menambah bus besar untuk mengangkut pemudik dari Kota Tarutung. Tujuannya, biar para pemudik tidak kecewa, karena besok hari kerja dan kemungkinan besok penumpang akan semakin membludak.

Hal yang sama terjadi di loket Simpang Empat Kota Tarutung, Jalan sisingamangara. Di sana, penumpang tampak mengantre menunggu bus Kurnia tujuan Sibolga dan Tapteng.
“Kami kekurangan bus trayek Sibolga, sehingga para penumpang harus sabar menunggu untuk kembali ke daerahnya masing-masing,” ujar M Aritonang, salah seorang karyawan CV Kurnia jurusan Sibolga.
Kasat Lantas Polres Taput AKP Anakampun melalui Kasubag Humas Aiptu Walpon Baringbing SH mengatakan, untuk menjaga keamanan dan pengamanan arus mudik serta balik, pihaknya sudah menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan.

“Saat ini kita masih tetap melanjutkan pengamanan dan pelayanan terhadap pengunjung dan pemudik yang mulai kembali ke tempatnya masing-masing,” sebut Baringbing.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan R Sitorus melalui telepon selulernya mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Satlantas Polres Taput juga ikut melakukan pengamanan arus balik.
Tiket Pesawat Full Booked
Selain jalur darat, arus balik penumpang lewat udara juga ramai. Seperti pantauan di Bandara Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Taput. Tiket pesawat jurusan Batam di bandara ini terdeteksi full booked (habis terpesan, red).

Bandara Silangit yang saat ini menjadi andalan 4 kabupaten terdekat, yaitu Kabupaten Taput, Toba Samosir, Humbang Hasundutan dan Kabupaten Samosir, kerap dimanfaatkan warga yang ingin memanfaatkan jasa penerbangan dari dan ke Batam.

Kepala Bandara Silangit, Hotasi Manalu kepada wartawan melalui telepon selulernya, Minggu (3/1) menjelaskan, pada libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, arus penumpang dari beberapa wilayah di kawasan Tapanuli, khususnya menuju Batam-Jakarta dan Bandara Kualanamu, meningkat sejak seminggu terakhir.

Dimana penerbangan di Silangit ini jadwalnya setiap Hari Rabu, Jumat dan Minggu menggunakan pesawat Wings Air. Dari Taput, pesawat berangkat pada pukul 10.40 WIB ke Batam. Begitu juga sebaliknya dari Batam, berangkat pukul 08.40 WIB tujuan Jakarta transit di Batam. Sementara Susi Air melayani rute Silangit menuju Kuala Namu dan sebaliknya dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Memang penumpang meningkat untuk arus balik. Bahkan tiket penerbangan Bandara Silangit menuju Batam sudah terdeteksi full booked dengan 70 penumpang. PT Angkasa Pura II telah menyiapkan posko untuk membantu penumpang pada arus balik Natal dan Tahun Baru ini,” ujar Hotasi. (as/tul)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s