Tiga Paslon Gugat Pilkada Humbahas

DOLOKSANGGUL – KPU Kabupaten Humbang Hasundutan memastikan penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih, Dosmar Banjarnahor-Saut P Simamora, ditunda. Itu karena tiga paslon lain yang ikut bertarung di Pilkada mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Menurut Ketua KPU Leonard Pasaribu, ketiga pasangan calon tersebut adalah pasangan calon nomor urut 1 Marganti Manullang-Ramses Purba (Mars), kemudian pasangan nomor urut 4 Palbet Siboro-Hendri Sihombing (Paten) dan pasangan Calon nomor 5, Harry Marbun-Momento NM Sihombing (Harmoni). “Sesuai jadwal tahapan, seyogianya kami akan menetapkan pasangan calon terpilih pada Selasa (22/12).

Tetapi karena masih ada pasangan calon yang menggugat ke MK, maka penetapan ditunda hingga persidangan klir. Aturannya memang begitu, kami menunda penetapan calon terpilih apabila ada pengajuan keberatan oleh pasangan calon. Kami tentunya harus melaksanakan tugas tersebut, sesuai dengan prosedur,” ujar ketua KPU Humbahas Leonard pasaribu menjawab New Tapanuli, Senin (21/12) sore.

Katanya, materi gugatan ketiga pasangan calon bupati peserta pilkada itu sama. Yakni mempersoalkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung satu partai politik.“Pada umumnya materi gugatan ketiga pasangan calon itu sama, berlatar belakang soal dua pasangan calon diusung satu partai politik,” tandasnya.
Sebagaimana pernah diberitakan, sesuai hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Humbahas tingkat kabupaten, pasangan calon nomor urut 2, Dosmar Banjarnahor SE-Saut Parlindungan Simamora unggul dengan perolehan 30.311 suara.

Disusul pasangan nomor urut 1 Marganti Manullang-Ramses Purba dengan total 27.719 suara, kemudian pasangan nomor urut 4 Palbet Siboro-Henri Sihombing dengan jumlah perolehan 24.396 suara. Selanjutnya pasangan nomor urut 5 Harry Marbun-Momento Nixon Sihombing dengan jumlah perolehan 11.262 suara dan pasangan nomor urut 3 Rimso Maruli Sinaga-Derincen Hasugian dengan jumlah perolehan 2.553 suara.

Atas hasil rekapitulasi suara tersebut, pasangan Dosmar Banjarnahor-Saut Parlindungan Simamora, memperoleh suara 31,49 persen, sedangkan rivalnya pasangan Marganti Manullang-Ramses Purba meraih 28,80 persen dari 96.241 jumlah suara sah Pilkada Humbahas.

Sehingga, selisih persentase perolehan suara antara kedua pasangan tersebut yakni sekitar, 2,59 persen.
Rencananya, pasangan calon Bupati Dosmar-Saut yang memiliki suara terbanyak akan ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih pada Selasa 22 Desember 2015. Namun kemudian ditunda KPU lantaran muncul keberatan dari tiga pasangan calon lain ke MK.
Terpisah calon bupati pasangan nomor urut 5, Harry Marbun menilai pilkada Humbahas telah cacat hukum. Itu disebabkan adanya dua paslon yang diusung satu partai, yakni Golkar.

Menurut Harry, di pilkada yang baru berlangsung itu, Partai Golkar mengusung dua calon, yakni PATEN dan salah satunya ia sendiri dari paslon HARMONI. Itu, disebutnya telah melanggar Undang-undang nomor 8 tahun 2015.

Dari dua paslon itu, katanya, ada yang tidak melalui mekanisme dan prosedur dalam tahapan, program dan jadwal pemilihan bupati dan wakil bupati. Melainkan melalui rekomendasi dari pihak Panitia Pengawas Pemilihan Umum.

Demikian juga disampaikan, Marganti Manullang yang mengaku pihaknya maru mengajukan gugatan ke MK. Menurut calon bupati dari paslon MARS ini, gugatan yang disampaikannya itu beralasan dari syarat pencalonan satu partai dengan mengusung dua paslon, telah cacat hukum. Hal itu dinilainya telah mencederai demokrasi dan melanggar peraturan dan UU.

Apalagi, lanjut mantan Wakil Bupati Humbahas yang telah menjabat dua periode itu menambahkan, dua paslon dari satu partai itu juga telah mempengaruhi komposisi suara. Dan hal itu dirasaka sa ngat merugikan baginya. “Jadi kita menuntut penco blosan ulang,” pinta Marganti. (bl/cr-01)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s