Baru Pulang Merantau, Tewas Tenggelam

Simangumban – “Hanya mengantar nyawa kau amang pergi ke sampuran (pemandian air terjun,red) itu. Ya anakku, kau sudah pulang merantau, belum lagi sempat kita bicara-bicara, kini kau sudah menjadi mayat. Kusuruh kau pulang karena aku sudah rindu sama kau, sekaligus mau malua (naik sidi,red) di gereja di Tahun Baru ini, tapi semua itu hanya sia-sia. Kau sudah pergi selama-lamanya”.

Begitu sedihnya andungan (isak tangis, red) Rampi Br Lubis, ibunda Prans Rikardo Siahaan (20), yang tewas tenggelam di pusaran air terjun Sampuran Aek Sarulla, Desa Parsaoran Samosir, Kecamatan Pahae Jae, Taput, Minggu (20/12) siang.

Di rumah duka di Dusun Aek Rau, Desa Simangumban Julu Kecamatan Simangumban, Rampi bahkan sempat pingsan sambil memeluk mayat putranya yang baru kemarin tiba dari perantauannya di Palembang, Sumatera Selatan.

Ia seakan tak percaya kalau kepulangan anaknya yang masih lajang itu akan berujung maut. Rampi yang siang itu sedang berada di ladangnya, mendapat kabar buruk itu dari salah satu kerabatnya yang datang memberitahukannya
Ayah korban, B Siahaan dan sanak famili terdekat lainnya pun tak kuasa menahan kesedihan saat mayat korban tiba di rumahnya. Jerit dan tangis histeris spontan menyambut kedatangan jenazahnya.

Korban yang merupakan anak sulung dari tiga bersaudara itu baru saja tiba dari Palembang pada Sabtu (19/12) kemarin. Ia berencana menghabiskan liburan Natal dan Tahun Barunya di kampungnya itu.

Salah satu teman korban, Suarjo Gultom menceritakan kronologis peristiwa itu. Bahwa hari itu korban mengajaknya dan salah seorang lagi temannya Rafli Siburian, untuk mandi-mandi ke sungai itu. Korban memang sudah lama tidak pergi ke sana dan rindu akan momen bermain bersama teman-temannya. Dari kampung, mereka berangkat dengan mengendarai sepedamotor.

Setibanya di lokasi pemandian, korban lebih dulu melompat ke dalam kolam. Tak disangka dan entah kenapa, rupanya korban seperti terhisap oleh pusaran air. “Baru saja dia masuk, tiba-tiba dia teriak minta tolong. Saya masih di tepi, jaraknya sekitar 5 meter dari saya. Padahal tempat dia itu belum seberapa dalam. Makanya saya pikir tidak ada kemungkinan dia bisa tenggelam,” ujar Suarjo.
Karena melihat temannya itu seperti kesulitan berenang dan mulai tenggelam, Suarjo dan Rafli pun bergegas melompat ke dalam kolam untuk menolong korban. “Kami membantu menyelamnya, tidak lama kemudian kami dapat menangkap badannya. Langsung kami gotong ke darat. Sampai di darat masih ada nafasnya. Kami bersama-sama orang di lokasi kejadian sempat berusaha menolongnya. Kami memompanya untuk mengeluarkan air yang tertelannya. Tapi tidak ada air yang keluar. Tidak lama kemudian dia sudah tidak bernafas lagi,” terang Suarjo.

Kejadian itu lantas diinformasikan warga sekitar ke pihak Polsek Pahae Jae. Tak lama, Kapolsek AKP TP Panggabean dan personel tiba di lokasi. Sebelum diberangkatkan ke rumah duka, mayat korban sempat dibawa ke Puskesmas Sarulla untuk divisum luar.

“Korban diduga meninggal dunia karena tidak dapat bernafas saat berada di dalam air. Kami tidak mendapati adanya unsur tindak pidana dalam kejadian ini. Mayat korban kemudian diserahkan ke pihak keluarganya,” kata Kapolsek.

Sampuran Aek Sarulla sendiri merupakan sebuah objek wisata alam yang ramai dikunjungi. Selain karena airnya yang sejuk dan jernih, pengunjung bisa juga menikmati panorama alam dan sensasi mandi-mandi di bawah air terjun yang cukup tinggi itu. Pada hari libur biasanya pengunjung lebih ramai, apalagi setelah pemerintah daerah membenahi akses jalan ke lokasi. Dasar terdalam areal kolam pusaran jatuhan air terjun itu sekitar 5 meter. (roy)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s