Harga Cabai Merah Anjlok, Petani Rugi Besar

Cabe merah
Cabe merah

Tarutung – Petani cabai di Kabupaten Taput, semakin terpuruk karena harga cabai merah tidak beranjak naik, bahkan harganya semakin anjlok sekitar Rp6 ribu per kg.

Salah seorang petani petani cabai Robin Hutabarat, warga Desa Partali Toruan. Saat ini harga cabai merah mengalami penurunan sekitar Rp 6 ribu hingga Rp 7 ribu per kg. Kondisi itu pun membuat para petani rugi besar. “Para petani rugi besar akibat anjloknya harga cabai ini. Sebab, biaya penanam hingga pemetikan tidak sebanding dengan untuk yang diperoleh,” ujarnya.

Dia berharap agar pemerintah melalui instansi terkait segera menelusuri apa saja penyebab hingga membuat harga cabai tidak stabil hingga anjlok. Padahal modal yang digunakan untuk tanaman cabai sangat banyak, dimana pembeliann
pupuk dan pesitisida.

Petani lainnya, Op Tholhas Simanjuntak mengungkapkan penurunan harga cabai merah ini terjadi sejak tiga minggu yang lalu. “Harganya turun sudah tiga minggu. Turunnya harga ini karena banyak petani sudah panen cabai. Bahkan untuk biaya gaji orang untuk memetik cabai tidak sesuai dengan harga sekarang. Kita berharap harga cabai ini agar secepatnya stabil,” sebutnya.

Hal senada disampaikan A Situmorang, pedagang cabai yang berjualan di Pasar Tarutung. Dia membenarkan jika harga cabai merah terus mengalami penurunan dari harga sebelumnya. “Saat ini saya menjual cabe merah Rp8 ribu sampai Rp10 ribu per kg. Kita membelinya dari petani Rp 6 ribu hingga Rp7 ribu per kg,” ujarnya.

Menurutnya, meski harganya anjlok, namun itu tidak mempengaruhi daya beli masyarakat. Hingga saat ini belum ada peningkatan daya beli masyarakat pasca harga turun, masih seperti biasa. (tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s