Puskesmas Siatas Barita Tangani 289 Pasien

BettySiatasbarita – Puskesmas Siatas Barita yang dipimpin Betty Sihombing.SKM membuat gebrakan penting. Merangkul Kepala Perwakilan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Tapanuli Utara dan Kepala Perwakilan BPJS Sibolga, Betty turun langsung ke tiga desa terpencil.

Di tiga desa itu, Simanampang, Sidagal, dan Lobu Hole, tim mengadakan kegiatan pengobatan gratis. Tim terdiri dari Ronal Siregar (BPJS Taput ), Melva Manullang (BPJS Sibolga ), dokter spesialis penyakit dalam dr Doharjo Manullang serta dokter umum dr Andi Sitompul dan dr Renol Situmorang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Taput Janri Nababan mengingatkan warga mengenai pentingya menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS).

”Penyakit dapat hinggap jika kita tidak melakoni budaya bersih dan sehat. Tubuh yang tidak sehatan dan budaya tidak bersih rentan terkena penyakit. Terbiasalah menjaga lingkungan sekitar, bergotong royong sesuai dengan program pemkab sehingga terhindar dari sanitasi buruk,” papar Janri.

Untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan dan menyentuh warga desa terpencil dan sangat terpencil, menurut dia puskesmas harus jemput bola.

”Pemkab ingin puskesmas berfungsi sebagai pusat kesehatan masyarakat di desa dan kecamatan. Tidak hanya sebagai tempat pengobatan, puskesmas juga sebagai sarana sosialisasi kesehatan bagi masyarakat,” katanya.

Kepala Puskesmas Siatas Barita Betty Sihombing kepada wartawan mengatakan, dalam kegiatan pengobatan gratis itu dilakukan pemeriksaan kadar gula darah, asam urat, kolesterol, deteksi dini kanker leher rahim.

”Selain pengobatan, warga ketiga desa diberikan penyuluhan hipertensi dan diabetes oleh dokter Doharjo Manullang,” ujarnya.

Dari tiga desa di Siatas Barita tercatat ada 400 orang yang memeriksakan kesehatan dalam pengobatan gratis tersebut.

“Kami sangat terkejut, akan antusias warga datang dan mendengarkan penyuluhan kesehatan. Sebanyak 289 warga dilayani dalam pengobatan gratis tersebut,” tambah Betty.

Ia menjelaskan, tim kesehatan Puskesmas Siatas Barita mendukung misi Pemkab Taput di bidang kesehatan, yakni secara intens mengadakan pengobatan gratis dan sosialisasi. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s