Tiga Desa Batal Ikut Pilkades

Tarutung – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Binhot Aritonang SSos menyampaikan, dari 197 desa, ada 3 di antaranya kemungkinan akan batal ikut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 4 Nopember.

“Kemungkinan ada tiga desa yang akan batal ikut Pilkades Taput serentak,” ujar Binhot kepada wartawan, Jumat (25/9).

Ketiga desa yang batal ikut Pilkades yakni, Desa Hutauruk Hasundutan Kecamatan Sipoholon, Desa Sipultak Kecamatan Pagaran, dan Desa Sitolu Oppu Kecamatan Pahae Jae.

Menurut Binhot, pembatalan Pilkades di Desa Hutauruk Hasundutan Sipoholon itu sebelumnya membuat kesepakatan dan perjanjian untuk menduduki Kepala Desa (Kades) ditetapkan secara bergantian dari setiap dusun.

“Jadi dengan ada perjanjian itu, bila di desa itu tetap melaksanakan Pilkades bisa berpotensi menimbulkan konflik,”ucapnya.

Binhot menambahkan, sedang pembatalan Pilkades di Desa Sipultak Kecamatan Pagaran dilakukan karena Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di desa itu, ada yang mengundurkan diri sehingga tahapan Pilkades tidak terlaksana.

“Sedangkan untuk Desa Sitolu Oppu Kecamatan Pahae Jae, pembatalan Pilkades disebabkan calon Kades yang terjaring hanya satu orang sehingga tidak sesuai dengan syarat kuota yang ditentukan,” ujarnya.

Dia mengatakan, dengan ada pembatalan tiga desa ini, jumlah peserta Pilkades serentak yang sebelumnya ada 197 desa kini hanya menjadi 194 desa.

“Saat ini tahapan Pilkades untuk 194 desa tetap dilanjutkan,”tandasnya.

Anggota Komisi A DPRD Taput, Lamhot Sipahutar mengatakan, pihaknya akan memanggil dan mempertanyakan BPMPD kenapa tiga desa itu bisa batal melaksanakan Pilkades.

Menurutnya, bila ada tiga ada desa yang batal ikut Pilkades, itu bukan kesalahan di desa, melainkan karena kurang cermatnya panitia kabupaten dalam melaksanakan tahapan Pilkades.

“Kita akan memanggil dan pertanyakan BPMPD kenapa tiga desa itu batal ikut Pilkades, sebab ini bukan kesalah desa, tapi karena kurang cermatnya panitia kabupaten dalam pelaksanaan tahapan, sehingga ada juga desa yang menyampaikan protes,” tandasnya. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s