Dugaan Garkum Pilkades Taput Dilaporkan

Tarutung – Dugaan pelanggaran hu­kum (Garkum) tahapan pelak­sanaan Pemilihan Ke­pala Desa (Pilkades) Taput seren­tak 4 Nopember dilaporkan ke Polres Taput.

Ketua Tim Penyelidik Garkum Pilkades Polres Ta­put, Iptu Krisnat Napitupulu MH, kepada wartawan Selasa, (22/9) mengungkapkan, du­gaan Garkum itu dilaporkan tujuh desa peserta Pilkades.

Krisnat menegaskan, hing­ga kini pihaknya masih mene­liti, mempelajari, dan menye­lidiki (Lidik) dugaan Gar­kum yang dilaporkan itu.

Menurutnya, bila nanti saat Lidik ada ditemukan indikasi Garkum dan peristiwa pidana, pihaknya segera menindak­lanjuti dan memproses lapo­ran itu. “Kita lihat nanti, artinya kalau memang ada terjadi indikasi peristiwa pidana, kita akan langsung proses,” tegas­nya.

Tujuh desa di Taput peserta Pilkades yang melaporkana dugaan Garkum ke Polres Ta­put, yakni, Desa Purba Dolok Kecamatan Parmonangan, Desa Siaro, Kecamatan Sibo­rongborong, Desa Parsaoran Kecamatan Pahae Jae, Desa Sigotom Julu Kecamatan Pangaribuan. Kemudian Desa Sabungan Nita Huta, Keca­matan Sipahutar, Desa Pan­surnapitu Kecamatan Siatas Barita, dan Desa Sipultak, Kecamatan Pagaran.

Ketujuh desa ini mela­porkan berbagai macam duga­an Garkum ke Polres Taput.

Kepala Kepala Badan Pem­ber­dayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Taput, Binhot Aritonang yang dikinfirmasi wartawan mem­bantah ada Garkum dalam pelaksanaan tahapan Pilkades Taput.

Menurut Binhot, seluruh ta­hapan Pilkades Taput 2015 su­dah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada de­ngan merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Men­dagri) no 112 tahun 2014, UU NO 6 Tahun 2004 tentang desa, Perda no 4 tahun 2015 dan Perbub no 18 tahun 2015 tentang Pilkades.

“Jadi kalau ada lapo­ran, itu hak demokrasi, yang pasti se­luruh tahapan Pilkades Ta­put yang sudah kita laksanakan sudah sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada,” ucapnya. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s