Humbahas Serius Kembangkan Apel Malang

apelDOLOK SANGGUL–Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, serius mengembangkan apel malang. Saat ini, dua ribu bibit apel malang yang dibagikan kepada masyarakat Humbahas mulai menunjukkan hasil.

Kepala Dinas Pertanian Humbahas Happy Silitongan mengatakan, pengembangan apel malang yang dilakukan di Humbahas sudah melalui proses pengkajian dan penelitian ilmiah. Pengembangan apel tersebut dilakukan di enam kecamatan, Doloksanggul, Pollung, Sijama Polang, Baktiraja, Lintong Ni Huta, dan Paranginan.

”Sebelumnya, melalui Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), 20 orang telah kami kirim ke Malang untuk studi banding. Pada tahun ini kami juga sudah mendatangkan ahli apel dari Malang untuk memberikan pembinaan lanjutan,” terang Happy kepada wartawan di Doloksanggul, Kamis (27/8).

Menurut mantan Kadis Kehutanan Humbahas itu, dari dua ribu bibit yang dibagikan sebagian besar kini sudah mulai menghasilkan.

”Tapi belum dapat dikategorikan produksi. Pada bulan September tahun ini akan dilakukan pengecekan ulang. Dari hasil pengecekan itulah nantinya baru dapat dipastikan bahwa produksi perdana apel layak dipasarkan atau harus ditingkatkan,” kata Happy.

Mengenai kontur tanah, ia mengatakan, dataran tinggi Humbahas mempunyai lapisan organik tinggi. Tanah di dataran tinggi Humbahas juga gembur dan memiliki serapan air yang baik.

”Tanaman apel dapat tumbuh dan berbuah baik pada ketinggian seribu meter di atas permukaan laut. Dan kita cocok untuk ini,” katanya.

Jika produksi tahun ini dinyatakan layak pasar, pada tahun berikutnya akan dilakukan pengembangan lanjutan, termasuk pembinaan terhadap para kelompok tani yang ada di enam kecamatan tersebut.

“Kita berhap ini berhasil dan tidak ada gangguan,” tambah Happy.

Anggota DPRD Humbahas dari Partai Gerindra, Bukka Lumban Toruan, yang dimintai pendapatnya, pengemmbangan apel malang yang dilakukan Pemkab Humbahas harus sesuai dengan pengembangan ekonomi dari sektor agrobisnis. Dari model pengembangan, ia optimistis Humbahas mampu menghasilkan apel yang berkualitas.

Ia berharap Pemkab Humbahas harus dapat menjamin apel malang yang diproduksi petani Humbahas memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

”Jadi kita berharap itu dilakukan secara sitematis. Pengembangan produksi dan jangakauan pasar,” ujarnya.(sdg)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s