Dua Remaja asal Bali ini Bikin Antibiotik dari Alga Hijau

duaremajaJakarta – Salah satu pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja ke-47 (LKIR) dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-8 adalah Ni Putu Intan dan Cok Laksmi Pradna. Mereka merupakan siswi kelas 2 SMAN 3 Denpasar.

Intan dan Laksmi, begitu mereka biasa disapa, membuat karya ilmiah berjudul Pemanfaatan Fitoplankton Vipolit di Dalam Alga Hijau (Chlorophyceae) di Perairan Pulau Serangan sebagai Antibiotik. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui efektivitas antibiotik dari fitoplankton vipolit dalam alga hijau.

“Jadi untuk membuktikan bahwa fitoplankton vipolit dalam alga hijau atau Chlorophyceae di perairan Pulau Serangan dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik kami melakukan penelitian ini,” ujar Intan di Auditorium LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2015) malam.

“Penelitian ini menggunakan metode eksperimen,” lanjutnya.

Penelitian tersebut mereka lakukan di Gedung Pradnya Paramita di Pusat Riset Pelajar SMAN 3 Denpasar serta di laboratorium Biologi Universitas Udayana. Penelitian berlangsung dari 11 Mei hingga 3 Agustus 2015.

Menurut Laksmi, di dalam alga hijau yang terdapat di Pulau Serangan memiliki kandungan polifenol. Dan sifatnya antibakteri.

“Itu (alga hijau) dapat dijadikan antibiotik dari bakteri Staphylococcus aureus karena memiliki kandungan polifenol, tanin, dan flavonoid yang bersifat antibakteri,” ucap Laksmi.

Karya ilmiah kedua remaja ini kemudian menjadi pemenang pertama dalam ajang LKIR ke-47 tahun 2015 untuk kategori Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim. Laksmi menambahkan bahwa karya ilmiahnya bersama Intan bisa menjadi bukti bahwa anak-anak Indonesia mampu membuat karya-karya ilmiah yang tak kalah dari negara lain.

“Dengan kemenangan ini, kita ingin membuktikan bahwa anak-anak Indonesia juga pandai. Bisa menjadi ilmuwan-ilmuwan yang mampu bersaing dengan anak-anak bangsa lain,” tuturnya.(yds/dhn)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s