Pdt Pahala Hutabarat Sebagai Ephorus HKI, Pdt Batara Sihombing Sekjend

SIANTAR – Keputusan Sinode ke-61 HKI memutuskan Pdt M Pahala Hutabarat terpilih menjadi Ephorus HKI periode 2015-2020. Pemilihan dilakukan dengan cara ‘menajopput na sinurat’ yang digelar di Retreat Center GBKP Sibolangit, Deliserdang, Sabtu (22/8).

Informasi dihimpun, acara puncak berupa pemilihan pucuk pimpinan (Ephorus dan Sekjen), mejelis pusat, praeses dan Badan Pemeriksa Keuangan Pusat (BPKP) berlangsung dengan alot yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB.

Adapun jumlah peserta Sinode terdiri dari 427 orang. Calon majelis pusat unsur pendeta sebanyak 16 orang untuk mengisi 8 calon mejelis pusat. Majelis pusat unsur non pendeta sebanyak 18 orang untuk mengisi 7 majelis pusat. Calon preeses ada 28 orang untuk mengisi 12 praeses. Sedangkan calon BPKP ada 6 orang untuk mengisi 3 BPKP.

Adapun majelis pusat dari unsur pendeta terdiri dari Pdt Marhasil Hutasoit MTh, Pdt S Situmorang STh, Pdt Kepler James Bakkara STh, Pdt Hotman Hutasoit MTh, Pdt Noderia Manalu STh, Pdt Rosinta Malau STh, Pdt Halomoan Simanjuntak STh, Pdt Janiandar Pasaribu MTh.

Sementara majelis pusat dari unsur non pendeta terdiri dari St Loise MA, St Toga Nainggolan, St Ir Jonner Togatorop, St Bangun Hutasoit SPd, St Drs Marojahan Panjaitan MPd, St Ir Meman Marpaung MSi, St Karmel Sinaga SE.

Untuk praeses terpilih diantaranya, Pdt Oberlin Siregar MTh, Pdt Togar Aruan STh, Pdt Helder Purba STh, Pdt Jamtwonight Sipahutar STh, Pdt Luhut Simamora STh, Pdt Firman Sibarani STh, Pdt Hopol Marudut Sihombing STh, Pdt Janto Sihombing STh, Pdt Hotman Fresly Simamora STH, Pdt Nurida Hutasoit STh, Pdt Jon Piter Napitupulu STh, dan Pdt Hasiholan Simangunsong.

Untuk BPKP terpilih diantaranya, St Drs Lamhot Hutasoit MM, St Gotti manalu SE MM dan St Melky Gayo Gultom SH MKes.

Pada puncak acara, pemilihan Ephorus HKI dilakukan dengan cara ‘menjopput na Sinurat’ dimana Pdt M Pahala Hutabarat sebagai Ephorus. Sedangkan untuk sekjen terpilih aklamasi Pdt Dr Batara Sihombing yang merupakan satu-satunya calon lulus seleksi.

Sebelumnya, sinode ke-61 Huria Kristen Indonesia (HKI) yang digelar 20-23 Agusutus 2015 yang dipusatkan di Retreat Cener GBKP Sibolangit, Deliserdang, akan dibuka hari ini, Kamis (20/8).

Ephorus HKI Pdt Langsung Sitorus Pdt DR Langsung Sitorus MTh mengatakan, Sinode ke-61 HKI melalui ‘manjomput nasinurat’ diharapkan akan menjadi terobosan baru.

“Harapan saya terjadi evaluasi kinerja HKI selama ini secara kontruktif (membangun). Kemudian, terjadi pergantian kepemimpinan di HKI dengan penuh kedamaian dan sukacita,” jelasnya melalui telepon selulernya.

Masih kata Ephorus HKI, melalui sinode ke-61 diharapkan akan menjadi pesta rohani yang menunjukkan HKI suatu huria (milik Tuhan) yang kuat iman, misioner, modern dan dedikatif sebagai abdi Kristus. Lalu arak-arakan HKI menuju Indonesia sejahtera semakin nyata dan partisipatif.

Terpisah, ketua umum panitia Sinode ke-61 HKI St Melky Gayo Gultom SH MKes mengatakan, persiapan secara umum sudah rampung.

“Diperkirakan akan ada sekitar 1000 orang yang akan menghadiri pembukaan Sinode ke-61 HKI. Dijadwalkan pada pembukaan juga akan ada ceramah dari Kemenkumham terkait kedudukan Gereja dalam negara hukum Indonesia,” jelasnya.

Lanjutnya, dua calon Ephorus periode 2015-2020 masing-masing Pdt M Pahala Hutabarat STh MM dan Pdt Jansen Simanjuntak MTh MM serta Pdt Dr Batara Sihombing satu-satunya calon Sekjen yang ditetapkan setelah melalui ujian administrasi dan persyaratan sesuai PRT (Peraturan Rumah Tangga) HKI. Dinyatakan lulus oleh tim seleksi setelah mengikuti penyampaian visi dan misi dalam bahasa Inggris.

Tema Sinode periode ke-61 HKI ini, ‘Aku datang segera, peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu (Wahyu 3:11)’. Dikatakannya, kedua calon Ephorus dan satu calon Sekjen akan diajukan ke Sinode HKI ke-61 untuk dipilih dengan sistem “manjomput nasinurat” (sistem undi).

Jadi karena hanya dua calon Ephorus maka Ephorus HKI periode 2015-2020 adalah Pdt Jansen Simanjuntak MTh MM atau Pdt M Pahala Hutabarat STh MM,” jelas ketua umum Sinode ke-61 HKI.

Masih kata St Melky Gayo Gultom, pemilihan pucuk pumpinan pada Sinode ke-61HKI (Huria Kristen Indonesia) berbeda dengan sebelumnya karena sistem penetapan dengan di undi (manjoput na sinurat).

“Secara pribadi saya merasa ada nuansa persaudaraan yang tinggi menjelang Sinode ke-61 HKI. Saya berharap pelaksanaan sinode dapat berjalan lancar dan akan menetapkan pimpinan HKI terpilih untuk menjadi pelayan terbaik,” ungkapnya.

Unsur pimpinan HKI (Ephorus, Sekjen, Majelis Pusat, Praeses dan BPKP) yang terpilih pada sinode akan dilantik pada acara ibadah yang diadakan di Gereja HKI Teladan Medan pada Minggu (23/8).

Ephorus HKI yang baru akan dilantik oleh pendeta tertua HKI sementara Sekjen Majelis Pusat, Praeses dan BPKP yang baru akan dilantik Ephorus HKI yang baru.

Sekedar diketahui, hingga periode 2010-2015 sudah ada delapan Ephorus HKI yaitu Pdt Frederik Panggabean (Sutan Malu), Pdt Tj Sitorus, Pdt K Panjaitan, Pdt Ludin Manurung, Pdt Wilmar Jaulim Sirait, Pdt Harlem Simangunsong BD, Pdt Burju Purba DPS dan Pdt Dr Langsung Sitorus MTh.

Sementara untuk Sekjen ada 10 orang masing-masing Sutan M Titus Lumbangaol, Guru Tagor Hasibuan, M Basa Simanjuntak, Pdt M Hutauruk, Pdt Waldemar Lumbantobing, Pdt Eli Sihotang SmTh, Pdt Harlem Simangunsong BD, Pdt Dr HR Panjaitan DMin, Pdt R Simanjuntak BD dan Pdt Manjalo Pahala Hutabarat STh MM. (rah)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s