Buka Kongres Pemuda Katolik, Ketua MPR Bicara Demokrasi hingga Sosok Pemimpin

KongresBatam – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didaulat membuka Kongres Nasional Pemuda Katolik ke-XVI di Batam, Sabtu (22/8/2015). Dia menekankan peningkatan kualitas demokrasi hingga sosok pemimpin yang dibutuhkan.

“Dalam berbangsa dan bernegara, demokrasi adalah sistem paling baik dari berbagai pilihan yang ada,” kata Zulkifli dalam sambutannya, Sabtu (22/8/2015). Hadir dalam acara ini, tokoh senior Pemuda Katolik, Cosmas Batubara, dan sejumlah pejabat Pemprov Kepulauan Riau.

Bang Zul, sapaan akrab Zulkifli Hasan, menjelaskan, Indonesia tengah berproses menuju tata kehidupan bernegara yang ideal. Demokrasi diharapkan akan menuntun terwujudnya pemerintahan yang efektif. Dengan demokrasi, rakyat mendapatkan posisi sentral sebagai penentu.

“Karena itu, saya berharap, Pemuda Katolik sebagai elemen strategis ikut berperan aktif mewujudkan Indonesia masa depan yang dicita-citakan bersama,” kata Bang Zul.

Bang Zul menambahkan, saat ini dibutuhkan pemimpin yang berorientasi kepada kepentingan, kemajuan, dan kejayaan bangsa dan negara. Bukan kepada kepentingan pribadi dan golongan.

“Kita perlu pemimpin yang dinamis, berwibawa, berkonsultasi, bekerjasama, dan mandiri. Itulah tugas yang harus dilaksanakan pemimpin di era working democracy untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasional yaitu, merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” katanya.

Lebih lanjut Bang Zul mengatakan, dalam kaitan ini, proses demokrasi tidak boleh hanya sebatas demokrasi prosedural yang lebih menekankan aturan dan tata cara, tetapi harus bermuara kepada perbaikan tata kelola kenegaraan yang selaras dengan tuntutan demokrasi atau nilai hakiki demokrasi, yaitu kedaulatan rakyat dalam arti yang sesungguhnya.

“Saatnya Indonesia bersatu. Bukan lagi berpikir power sharing, tetapi responsibility sharing atau berbagi tanggung jawab,” tutupnya.
(try/try)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s