Jadi Agenda Tahunan, Horja Bius dan Mangalahat Horbo

Tomok – Pesta Budaya Horja Bius dan Mangalahat Horbo, diobyek wisata Sigalegale Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir berjalan lancar, Jumat (7/8).

HorjaSerangkaian acara diisi dengan Borhat Borhat (pemberangkatan) yang disajikan dengan membawa makanan sajenan seperti itak gurgur (Tepung Beras), pisang, daging kambing yang telah dimasak dan disusun rapi dalam piring yang dibawa ratusan warga menuju makam Ompu Soributtu Sidabutar, sebagi tambak nenek moyang pertama Sidabutar di Tomok, Samosir.

Acara dilanjutkan dengan membawa sesajen yang sama ke Danau Toba, namun ditambah dengan sepasang ayam putih yang hidup dan dipersembahkan ke penghuni Danau Toba sesuai dengan adat melalui panduan dari seorang “datu” (orang pintar).

Kepada wartawan, Humas panitia acara, Monang Sidabutar dan Hardi Sidabutar mengatakan, Pesta Budaya Horja Bius dan Mangalahat Horbo, yang dilaksanakan di Tomok kali ini, diharapkan akan menjadi kalender tahunan dan akan dilaksanakan selama dua hari setiap tahunnya.

Acara budaya ini akan diikuti keturunan empat kerajaan yakni Sidabutar, Sijabat, Siadari dan Sidabalok, serta delapan marga Sidabutar, Sijabat, Siadari, Sidabalok, Sigiro, Harianja Manik, Tindaon yang telah dianggap berdomisili lama di Tomok.

Kepala Dinas Pariwisata Drs Ombang Siboro, Msi mengatakan bangga dan mengapresiasi acara itu, sebagai acara melestarikan budaya kebersamaan yang mendukung nilai sejarah dalam dunia pariwisata. Pemkab Samosir berjanji acara ini akan dijadikan sebagai kalender tahunan.

“Kepada masyarakat agar mendukung penguatan terhadap acata kelnder tahunan ini, ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Kadis Pariwisata Labuhan Batu diwakili Kasubdis H Sofiyan Hasibuan, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon, Wakil Ketua DPRD Samosir Drs Jonner Simbolon, Wakapolres.

Bupati Samosir mengatakan, dengan terlaksananya acara ini, pemerintah bangga dan mendukung. Karenanya, pesta rakyat ini akan dibuat menjadi kalender tahunan, dan semua acara ini dapat terlaksana murni atas sambutan positif dari masyarakat untuk memajukan pariwisata.

“Kegiatan ini bukanlah proyek, namun pemerintah bersedia untuk memfasilitasinya dan akan dibuat sebagai event tahunan, tak lain untuk menggali dan pelestarian budaya,” tegas Mangindar. (fra)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s