Perambahan Hutan Kian Marak di Sipahutar

HutanSipahutar – Maraknya perambahan hutan produksi yang terletak di Desa Aek Nauli Sibiru, Kecamatan Sipahutar, membuat salah satu tokoh masyarakat Sipahutar Sahata Simanjuntak angkat suara.

Menurutnya, Dinas Kehutanan harus cepat menanggulangi dan mencegah masyarakat yang melakukan perambahan di areal hutan. Jangan hanya dibiarkan karena akan berdampak buruk pada infrastruktur yang berada di sekitar hutan.

“Apalagi tekstur tanah di Sibiru, Desa Aek Nauli bisa dikatakan labil. Sehingga memungkinkan tanah-tanah akan longsor menutup lahan perkebunan masyarakat, ujarnya.

Untuk itu pihak Dinas Kehutanan harus tegas mengawasi hutan yang ada di Taput dari orang-orang yang melakukan perambahan. Dinas Kehutanan harus melakukan identifikasi jumlah masyarakat yang menjual kayu pinus kepada pengusaha yang membeli kayu. Serta melakukan pembinaan serta sosialisasi dampak perambahan hutan. “Karena hanya dengan begitu masyarakat akan menyadari akibat yang mereka lakukan, khususnya di Sibiru, Desa Aek Nauli,” ungkapnya.

Seorang warga G Silitonga mengatakan, aksi penebangan sudah hampir dua minggu dan yang membeli kayu pinus juga pengusaha yang didugar bermarga Silitonga. Namun mereka tidak tahu siapa namanya. “Jika ini terus berlangsung maka hutan akan gundul,” ungkapnya.

Selain itu, H Pasaribu warga Desa Aek Nauli menuturkan, kayu pinus tersebut merupakan milik masyarakat. Sehingga pengusaha berani membelinya.

Sementara itu, Kabid Dinas Kehutanan Salmon Tampubolon yang dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, areal itu sudah target mereka dan akan segera turun ke sana. “Kami tidak akan membiarkan perambahan ini. Kita akan segera tindak sesuai peraturan yang berlaku,” sebutnya.(tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s