Mulai Juli, 1 Ha Tiap Desa Lahan Padi Percontohan

TaniTarutung – Pemerintah Kabupaten Tapanuli akan memulai langkahnya mewujudkan visinya sebagai daerah lumbung pangan dengan melakukan penanaman 1 hektare (Ha) lahan padi percontohan di setiap desa. Sebanyak 241 desa akan menjadi daerah pencontohan.

Meski saat ini, daerah itu masih kekurangan tenaga penyuluh, tenaga yang nantinya akan memberikan penyuluhan terhadap petani dalam mensukseskan program tersebut, namun Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara tetap yakin dan akan memulai program tersebut sejak Juli mendatang.

”Hampir semua dari 15 kecamatan telah menyerahkan data lahan-lahan desanya yang akan menjadi lahan percontohan tanaman padi ini. Lokasi 1 ha lahan percontohan di tiap desa ini kita harapkan umumnya berada di satu hamparan. Untuk mempermudah pengawasannya, sesuai dengan usulan kecamatan, penanaman lahan padi percontohan ini akan kita mulai sejak Juli mendatang. Namun ada juga desa yang akan memulai di Desember mendatang,“ kata Kepala Dinas Pertanian Taput, Ir Marco Panggabean pada saat dikonfirmasi melalui selulernya, Minggu (24/5).

Menurut Marco, lahan padi percontohan ini nantinya ditarget akan memproduksi 7 sampai 8 ton padi per hektarenya dari yang sebelumnya umumnya hanya menghasilkan 4 sampai dengan 5 ton per hektare. Dengan bertambahnya hasil produksi tanaman padinya, tentunya tujuan yang diharapkan untuk menambah kesejahteraan masyarakat atau petani akan tercapai.

”Dan untuk mensukseskan itu, Dinas pertanian akan memberikan perhatiannya mulai dari pemberian bibit unggul, pupuk dan pestisida untuk memberantas hama. Namun seluruh hasil produksinya padinya nanti semuanya untuk petani itu. Tetapi harapan kita bertambahnya hasil produksi padinya, nantinya akan menjadi modal bagi petani untuk melakukan hal yang sama di tahun berikutnya,“ katanya.

Selain dari Dinas Pertanian, program ini juga akan melibatkan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Taput.Tenaga penyuluh nantinya akan mendampingi petani sejak penanaman awal, pemberian pupuk,pengendalian hama hingga ke musim panen.

”Memang jumlah tenaga penyuluh yang dimiliki Taput saat ini belum cukup untuk ditempatkan 1 penyuluh di setiap desa untuk mendukung program ini. Oleh karena itu, Badan penyuluh Pertanian nantinya akan menempatkan 1 penyuluh untuk merangkap tugas di dua desa misalnya. Namun lebih lengkapnya mereka yang lebih mengetahui tentang penempatan tenaga penyuluh ini,“ katanya.

Marco menambahkan, 1 ha lahan padi percontohan di setiap desa ini nantinya, diharapkan akan bertambah setiap tahunnya. (ht)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s