Semakin Berat, Calon Independen di Pilkada Harus Kantongi 900 Ribuan KTP

Jakarta – KPU telah mengesahkan Peraturan KPU (PKPU) terkait pencalonan di pilkada, termasuk soal pencalonan calon independen. Ternyata, syarat maju calon independen lebih berat dibanding PKPU sebelumnya.

Aturan soal pencalonan calon independen tercantum dalam PKPU Nomor 9 tahun 2015 tentang Pencalonan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Calon non parpol itu disyaratkan mengumpulkan sejumlah dukungan yang tak sedikit dari pemilih untuk bisa mencalonkan diri.

Dukungan tersebut harus dibuktikan dengan fotokopi KTP pendukung. Tak hanya itu, pendukung si calon juga harus mengisi formulir dukungan yang harus ditandatangani.

Nah, persyaratan diperberat untuk jumlah dukungan yang harus dikumpulkan. Contohnya, di PKPU Nomor 13 tahun 2010, untuk daerah dengan jumlah penduduk 6 juta- 12 juta, minimal dukungan yang dibutuhkan adalah 4 persen. Namun kini, di PKPU Nomor 9 Tahun 2015, untuk daerah dengan jumlah penduduk 6 juta- 12 juta, calon independen harus mengumpulkan minimal dukungan 7,5 persen.

Pilkada1
Syarat calon independen untuk provinsi

pilkada2
Syarat calon independen untuk kabupaten / kota

Tak hanya itu, fotokopi KTP yang dikumpulkan, jika di aturan yang lama boleh bukan e-KTP, maka di aturan yang baru haruslah fotokopi e-KTP. Misal, untuk maju di suatu daerah dengan penduduk 12 juta jiwa seorang calon independen harus mengumpulkan dukungan 900 ribu fotokopi e-KTP.

Aturan lain, untuk level provinsi, jumlah dukungan yang dikumpulkan harus berasal dari sebaran lebih dari 50 persen jumlah kabupaten/kota di provinsi tersebut. Sedangkan untuk kabupaten/kota, jumlah dukungan harus tersebar di lebih dari 50 persen, jumlah kecamatan kabupaten/kota tersebut. (Detik)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s