Kelompok Tani “Siluman” Marak di Taput

Tarutung – Kepala Badan Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sey Pasaribu mengakui, saat ini marak kelompok tani dengan statusnya tidak jelas alias siluman sering menyampaikan permohonan bantuan ke Dinas Pertanian Taput.

“Ini sudah menjadi fenomena, marak kelompok tani yang statusnya tidak jelas atau siluman sering meminta permohonan bantuan di bidang pertanian,”tandas Sey kepada wartawan, Rabu, (13/8).

Dia mengatakan, kelompok tani siluman ini sering beraksi dengan modus menyampaikan permohonan ke instansi pemerintah, khusus dinas pertanian dengan berpura-pura sebagai petani yang benar-benar membutuhkan bantuan pertanian.

“Padahal, setelah bantuan diterima bukan dimanfaatkan dengan baik, tetapi justru disalahgunakan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan tertentu,”ucapnya.

Dia mengatakan, maraknya kelompok tani siluman ini terjadi diduga karena rutinnya pemerintah memberi perhatian, dan memberikan bantuan di bidang pertanian kepada masyarakat petani melalui kelompok tani.

“Memang secara keseluruhan setiap bantuan dari pemerintah di bidang pertanian harus melalui kelompoik tani, sehingga situasi ini dimanfaatkan pihak tertentu mengambil kesempatan karena mereka pikir selalu banyak bantuan datang,” ujarnya.

Sey menegaskan, untuk mengantisipasi situasi ini dan agar tidak terjadi pemberian bantuan yang tidak tepat sasaran, pihaknya akan melakukan evaluasi dan revitalisasi terhadap sebanyak 1.871 kelompok tani yang ada di Taput.

“Kita akan lihat dan periksa apakah kelompok tani itu sah atau tidak dengan menyesuaikan syarat-syarat pendirian kelompok tani,” ucapnya.

Menurutnya, kelompok tani yang sah dan layak mendapatkan bantuan di bidang pertanian, yakni kelompok tani harus diketahui kepala desa, kepengurusannya jelas, lahan pertanian ada, dan mempunyai anggota dan ketua kelompok.

“Bila syarat itu tidak terpenuhi, kelompok tani itu masuk kategori tidak jelas, sehingga tidak layak mendapat bantuan pertanian,” tandasnya. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s