DK PBB Desak Dunia Bantu Pemerintah Irak Hadapi ISIS

PBBNEW YORK – Dewan Keamanan PBB, Kamis (7/8/2014), mendesak masyarakat internasional membantu Irak mengatasi krisis kemanusiaan yang dipicu serangan kaum militan ISIS yang telah menyebabkan ratusan ribu warga Irak lari dari rumah mereka.

Dewan beranggota 15 negara itu bertemu dalam sebuah rapat tertutup di markas PBB di New York, saat Amerika Serikat sedang menimbang sejumlah tindakan termasuk kemungkinan menurunkan bantuan lewat udara bagi warga sipil yang terperangkap. Dewan itu meminta “masyarakat internasional mendukung pemerintah dan rakyat Irak dan melakukan semua yang bisa dilakukan untuk meringankan penderitaan penduduk,” kata sebuah pernyataan bersama dari 15 anggota DK itu.

Duta Besar Irak, Ali al-Hakim, mengatakan pertemuan itu difokuskan pada upaya bantuan darurat untuk membantu warga sipil yang melarikan diri dari kekerasan. Ia membantah laporan bahwa serangan udara telah dilakukan terhadap kaum militan. “Belum ada serangan yang telah dilakukan,” kata Hakim. “Item pertama adalah bantuan kemanusiaan segera untuk Irak, di dalam Irak. Itulah yang segera diminta dan kelihatannya sedang dilakukan sekarang.”

Dewan Kemanan mengecam serangan kaum militan Negara Islam atau yang selama ini dikenal sebagai ISIS dan menyatakan “kegeraman mendalam” terkait ratusan ribu warga Irak, kebanyakan kaum minoritas yang rentan, yang telah mengungsi, kata pernyataan yang dibacakan Duta Besar Inggris Mark Lyall Grant.

Dewan Keamanan mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya Irak untuk mengatasi krisis kemanusiaan dan untuk memerangi “ancaman teroris” yang ditimbulkan oleh kaum militan itu, dan menyerukan “intensifikasi upaya-upaya tersebut.”

Perancis, yang telah meminta pertemuan darurat itu, telah menawarkan untuk mendukung pasukan yang memerangi ISIS. Presiden Francois Hollande sedang membahas bantuan itu dalam pembicaraan dengan pemimpin Kurdi, Massud Barzani.

ISIS, yang memproklamirkan sebagai sebuah “kekhalifahan” yang membentang dari Suriah hingga Irak pada akhir Juni, telah menguasai kota dengan penduduk utama orang Kristen Irak, Qaraqosh, pada Kamis, setelah pasukan Peshmerga Kurdi mundur. (Kps)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s