Pengumuman SBM PTN 2014, Sore Ini Sudah Bisa Dilihat Online

JAKARTA – Bagi 664 ribu lebih pendaftaran SBM PTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), tentu cemas menunggu hasil pengumuman kelulusan. Panitia SBM PTN 2014 memastikan pengumuman kelulusan sudah bisa dilihat hari ini, Rabu (16/7) melalui website http://www.sbmptn.or.id pukul 17.00 WIB. Selain melalui online, pengumuman juga di koran pada Kamis, 17 Juli.

Sekretaris Pokja Panitia SBM PTN Bambang Hermanto mengatakan, pendaftar SBM PTN untuk kategori saintek mencapai 240.278 orang. Kemudian untuk kategori sosial humaniora (soshum) 258.035 orang. Sedangkan pelamar kelompok campuran (saintek dan soshum) berjumlah 166.196 orang.

Hingga Senin (14/7) malam, Bambang belum bersedia membeber jumlah peserta tes SBM PTN yang dinyatakan lulus ujian. “Ditunggu saja sampai keluar pengumuman resmi dari panitia pada 16 Juli,” katanya.

Bambang hanya menjelaskan kuota mahasiswa baru dari saringan SBM PTN yang tersedia berjumlah 103.346 orang. Dengan jumlah pendaftar yang mencapai 664.509 orang, berarti rata-rata perbandingannya adalah 1:6,4. Artinya satu kursi mahasiswa baru diperebutkan hingga 6 orang pelamar.

Tetapi untuk program studi (prodi) tertentu, tingkat perbandingan kursi yang tersedia dengan pelamar bisa lebih besar lagi. Misalnya untuk jurusan atau prodi manajemen, teknik informatika, sistem informasi, sistem komputer, dan rumpun jurusan di fakultas kedokteran.

Bambang menuturkan sepuluh PTN dengan peminat tertinggi tersebar di sejumlah lokasi. Nomor tertinggi adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dengan 78.535 pelamar. Disusul Universitas Sumatera Utara (73.726), Universitas Hasanuddin Makassar (72.149), dan Universitas Gadjah Mada Jogjakarta (71.193).

Menurut Bambang, SBM PTN merupakan salah satu jalur masuk kuliah di kampus negeri. Sebelumnya sudah dilakukan SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri). Kuota mahasiswa baru di SNM PTN lebih besar, karena minimal 50 persen dari total kuota mahasiswa baru di seluruh PTN. Sedangkan kuota SBM PTN rata-rata antara 30 persen hingga 40 persen.

“Jadi memang peminat atau pelamar SNM PTN lebih tinggi dari SBM PTN. Karena peluang diterimanya lebih besar di SNM PTN,” paparnya. Bambang mengatakan jumlah pelamar SNM PTN mencapai 777.536 orang. Bagi pelamar yang tidak diterima di SBM PTN maupun di SNM PTN, masih ada peluang untuk masuk PTN.

Di sejumlah PTN ada yang menerapkan ujian atau seleksi mandiri. Kuotanya maksimal seleksi mandiri hanya 30 persen dari total kuota mahasiswa baru di PTN. (wan/jpnn)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s