4.101 Hektar Tanaman Padi di Taput Siap Panen

panenTarutung – Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Ir. Sey Pasaribu mengatakan, ada seluas 4.101 hektar tanaman padi sawah diperkirakan siap panen raya serentak pada Juni mendatang.

Areal tanaman padi yang siap panen raya itu, tersebar di 15 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Taput, ujar Sey kepada Analisa, Minggu, (18/5).

Dia mengakui, meskipun puncak panen raya diperkirakan serentak pada Juni nanti, namun saat ini sudah ada sebagian petani yang memulai panen perdana di sejumlah daerah pertanian.

“Memang sebagian sudah mulai panen perdana, tetapi itu belum puncak, sebab panen raya diperkiarakan serentak pada Juni nanti,”ucapnya.

Ditanya mengenai bagaimana perkiraan hasil panen padi tahun ini, SEY Pasaribu mengatakan, tahun ini diprediksi hasil panen lebih meningkat dari musim panen tahun lalu.

“Kita memprediksi dan yakin hasil panen tahun ini bisa lebih meningkat dari sebelumnya,”ujarnya.

Dia mengatakan, hal ini didukung pertumbuhan padi menjelang panen raya ini yang semakin membaik. Ini terlihat dari kualitas bulir padi menjelang panen.

“Kondisi ini didukung faktor cuaca yang semakin merata dan baik, seperti curah hujan yang merata. Kalau kita ingat sebelumnya musim kemarau selalu berkepanjangan, tapi kali ini curah hujan lebih merata,”ucapnya.

Disebutkan, jenis varietas tanaman padi yang akan dipanen nantinya mayoritas menanam varietas bibit lokal (ramos, boru tambun, sijakarta ), dan unggul lokal (varietas ciherang, cigeulis dan cibogo). Sedang untuk bibit tanaman padi gogo, petani dominan menggunakan varietas simedan.

Salah seorang petani padi di Kecamatan Sipoholon, R. boru Parapat (45), mengakui mereka sebagian sudah mulai melakukan panen perdana.

Dia mengatakan, melihat dari keberadaan bulir padi yang sedang mereka panen, diharapkan bisa memperoleh hasil rata-rata 500 – 600 kilogram per hektar.

“Mudah-mudahan hasil panen kali ini bisa meningkat dari target, ”ujarnya. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s