Pola Tanam Padi di Taput Tak Teratur

PadiTarutung – Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Ir Sey Pasaribu mengakui, pola masa bercocok tanam padi sawah di Taput tidak teratur akibat terkendala saluran irigasi.

“Pola tanam padi sawah di Taput tidak teratur dan tidak bisa serempak menanam, karena sampai saat ini kita terkendala saluran irigasi,” ujar Sey Pasaribu kepada wartawan, Kamis, (24/4).

Dia mengatakan, akibat tidak teraturnya pola tanam ini, menimbulkan masa pertumbuhan tanaman tidak bisa serempak. Padahal, situasi seperti ini menimbulkan tanaman mudah diserang berbagai jenis hama seperti tikus, keoang, dan penggerek.

“Dampaknya justru membuat hasil produksi minim, karena pertumbuhan padi rusak diserang hama,” ucapnya.

Selain mudah diserang hama, akibat pola tanam yang tidak teratur ini juga menimbulkan masa tanam hanya bisa sekali dalam setahun. Disebutkan, dari seluas 19.021 hektar lahan pertanian sawah di Taput, hanya 6000 hektar yang mampu melakukan dua kali tanam. “Itupun, yang ditanam adalah tanaman palawija, bukan padi,” katanya sembari mengatakan, pada umumnya pertanian padi di Taput sawah tadah hujan akibat sulitnya saluran irigasi.

Selain karena irigasi, ketidak teraturan pola tanam ini juga dipengaruhi benih, katanya.

Dia mengatakan, hingga kini khusus untuk daerah persawahan dataran tinggi seperti di Siborongborong, Sipoholon, Sipahutar, dan Pangaribuan belum ada benih unggul khusus dataran tinggi yang usia panennya sesuai dengan benih biasa.

“Rata-rata masih benih unggul biasa, padahal khusus untuk persawahan dataran tinggi harus benih khusus, sehingga pertumbuhan dan masa panen bisa disesuaikan,” ujarnya sembari berharap ke depan masalah irigasi di Taput bisa segera teratasi. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s