Pelantikan Bupati Taput Tunggu Petunjuk Pusat & Gubsu

TARUTUNG – Jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Taput terpilih, Drs Nikson Nababan- Drs Mauliate Simorangkir MSi, tinggal menunggu petunjuk dari pemerintah pusat dan Gubernur Sumatera Utara.

“Kami masih menunggu petunjuk dari pusat dan Gubsu untuk jadwal pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Plt Sekda Taput HP Marpaung kepada awak media ini, Selasa (1/4).

Menurutnya, jadwal pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih, sebelumnya direncanakan, Selasa (8/4) mendatang. Itu sesuai masa berakhirnya jabatan Bupati Torang Lumbantobing dan Wakil Bupati Bangkit Parulian Silaban.

Kendati masa jabatan Bupati Torang Lumbantobing dan Wakil Bupati Bangkit Silaban berakhir Selasa (8/4) mendatang, namun untuk petunjuk pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih belum turun.

Terpisah, Sekretaris DPRD Taput Djanter Sinaga juga menyampaikan, pihaknya belum mengetahui jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2014-2019.

“DPRD Taput masih menunggu jadwal pasti dari Gubsu. Sampai saat ini belum diperoleh dan belum tahu kapan pastinya proses pelantikan. Namun kita berharap pelantikan dapat terlaksana tepat waktu, sesuai masa berakhirnya jabatan bupati periode 2009-2014,” ujarnya.

Sinaga menyebutkan, pihaknya sudah menyampaikan SK usulan pengangkatan pasangan bupati dan wakil bupati ke Gubsu hasil rapat paripurna di DPRD Taput, Selasa (25/3) lalu.

“SK usulan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih sudah kami sampaikan ke pemerintah pusat melalui Gubsu. Domainnya, penetapan tanggal pelantikan ditentukan pemerintah berdasarkan hasil kinerja KPU yang disampaikan. Kalau dewan, hanya menyesuaikan jadwal tersebut. Jadi, bukan kita yang menentukan tanggal pelantikan,” tegasnya.

Sinaga berharap, pelantikan bisa digelar sesuai berakhirnya jabatan Torang Lumbantobing. “Mudah-mudahan SK-nya bisa cepat keluar. Sehingga bisa diagendakan paripurna pelantikan,” terangnya.

Sebelumnya, KPU Taput melalui rapat pleno, Rabu (12/3) lalu di Sopo Partungkoan Tarutung, menetapkan pasangan nomor urut 5 Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir (NIKMAT) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Taput terpilih periode 2014-2019.

Pasangan itu meraih suara sebanyak 72.735 atau sekitar 52,65 persen pada pilkada putaran kedua yang digelar 6 Maret lalu. (bl)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s