Hama Lalat Serang Tanaman Jeruk Manis di Taput

JerukSipoholonSejumlah petani di Desa Pagar Batu, Kecamatan Sipoholon dan di Desa Sisordak, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengeluhkan banyak hama lalat buah menyerang tanaman jeruk manis, hingga buah dan tanaman rusak.

“Hama lalat buah menyerang tanaman jeruk pada saat mulai berbunga, di situ biji buahnya keluar langsung dihisap sampai buah tidak bisa berkembang dan akhirnya membusuk,”ujar salah seorang petani jeruk manis di Desa Pagar Batu, Rafles Lumbantobing (38) kepada wartawan,Kamis, (23/1).

Dia mengaku, awalnya saat tanaman masih tahap pertumbuhan dan belum ada menunjukkan ada tanda-tanda mengeluarkan buah, hama lalat sebenarnya belum muncul.

“Tapi ketika bunga dan buah mulai keluar, tiba-tiba hama berdatangan entah darimana dan langsung menghisap biji buah,”ucapnya.

Serangan hama lalat ini membuat hasil produksi pertanian jeruk manis mengalami penurunan drastis, dan berdampak pada kerugian bagi petani.

Pasalnya, bila sebelumnya hasil produksi pertanian jeruk manis saat panen raya bisa mencapai rata-rata 100 kilogram per batang pohon, namun setelah diserang hama produksi anjlok dan menurun drastis rata-rata hanya sekitar 20 kilogram per batang pohon, ujarnya.

“Kalau tidak ada serangan hama, hasil hasil pertanian saat panen raya bisa mencapai 100 kilogram, tapi kalau sudah diserang, hanya bisa dapat dapat sekitar 20 kilogram per batang pohon,”ujarnya.

Senada disampaikan petani di Desa Sisordak Hutatinggi, M.Purba (62). Dia mengatakan, mereka sudah berusaha mengendalikan dan membasmi hama itu, hanya saja hama tetap bermunculan mengganggu tanaman berbuah.

“Sangat sulit untuk mengendalikan dan membasmi hama lalat ini, soalnya meskipun dilakukan penyemprotan, hama tetap saja muncul,” ujarnya.

Namun, meskipun hama sulit dibasmi mereka tetap berupaya menghalau hama itu dengan melakukan berbagai cara. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s