Hasil Sementara Pilkada Dairi 2013

DairiSidikalang – Pemilihan calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Dairi periode 2014-2019 berlangsung aman, Kamis (10/10).

Data sementara dari sumber tidak resmi menyebut, incumben KRA Johnny Sitohang Adinegoro-Irwansyah Pasi, SH meraih 36,25 persen atau 50.636 dari 139.290 suara. Selanjutnya, peringkat kedua diraih Luhut Matondang-Maradu Gading Lingga memetik angka 31,31 persen atau 43.617 suara diikuti Drs Parlemen Sinaga MM-Dr Reinfil Capah, MKes sebesar 28,45 persen atau 39.643 suara. Posisi ke empat dialamatkan kepada Drs Passiona Sihombing-Insanuddin Lingga SSos dengan angka 3,88 persen atau 5403 suara.

Johnny Sitohang dan Parlemen Sinaga mencoblos di TPS 3 Balai Budaya Sidikalang, terletak di sebelah rumah dinas kepala daerah. Di sana, Johnny-Irwansyah menggondol 79 suara, Parlemen-Reinfil 64 suara, Luhut-Maradu 30 suara dan Passiona-Insanuddin 13 suara. Di ruangan itu, Parlemen dan Johnny sempat bertemu namun tak saling menyapa. Hubungan mereka tampak dingin. Johnny duduk di sofa sembari menengok Parlemen memasukkan kertas diikuti celupan jari ke tinta ungu.

Pantauan lapangan, Johnny-Irwansyah kalah di dua TPS di jalan Tembakau, dekat kediaman orang tua Irwansyah. Incumben juga tertinggal di satu TPS di seberang kediaman Nicodemus Situmorang Ketua Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Boru Ibebere di jalan Pahlawan yang juga tim sukses incumben.

Di situ, Luhut-Maradu menang. Namun, Luhut-Maradu kalah di TPS 27 tempat Maradu memberi hak suara. Di dua TPS berdekatan yakni sekitaran Akper dan Stadion, Johnny-Irwansyah unggul. Ada issu, mahasiswa dipengaruhi oknum tertentu

Richard Eddy M Lingga anggota DPRD Sumut yang juga anggota tim pemenangan incumbent yakin, usungan partai Golkar itu akan melaju ke periode kedua melalui kontestasi 1 putaran. Pun demikian, perolehan di atas masih sementara. Dia berharap, apapun hasil final hendaknya diterima secara lapang dada oleh masyarakat dan kandidat. Rakyat sudah menentukan pilihan terbaik dan sewajarnyalah dihormati. Segera setelah penghitungan ditutup, jangan ada lagi pro kontra. Mari bersatu majukan Dairi. Dia mengusul, calon pemenang segera merangkul semua komponen. Pendukung atau bukan merupakan bagian tak terpisahkan dari rakyat. Jangan ada dendam atau pilih kasih.

Berdasarkan penelusuran wartawan, sejumlah pemilih siluman masih mewarnai pemungutan suara. Di TPS IV Kelurahan Sidikalang Kecamatan Sidikalang misalnya, tertera nama R Naibaho nomor urut 114 dan Rita Naibaho nomor urut 125 beralamat di jalan Nusantara (tanpa nomor) keduanya tanpa NIK sama sama kelahiran tanggal 8 maret 1955.

Penduduk pun bertanya, mana ada pemilih tanpa nama lengkap? Di samping itu, Simbolon mantan Kepala SMP Negeri Sitinjo suami dari Tioma Simamora masih terdata di DPT di jalan Pemuda kendati telah wafat 5 tahun silam.

Ketua Panwaslu, Hotmanita Capah membenarkan, tuntutan masyarakat seputar pembersihan 51 ribu pemilih bermasalah di DPT bertotal 203.910 orang belum tuntas. Pihaknya telah merespons dan ditemukan pemilih bermasalah diantaranya NIK ganda, nama ganda, pemilih telah meninggal dunia dan telah migrasi. Untuk itu, pengawas menyurati KPPS agar tidak memberikan surat undangan atau formulir C 6 jika diyakini tak berhak. Undangan hanya bisa disampaikan kepada nama bersangkutan, tidak boleh diwakilkan.

Togar Pasaribu, ketua tim pemenangan Luhut-Maradu menyebut, belum dapat menerangkan raihan suara. Beberapa pemilih membenarkan, menerima beras dan uang Rp 20 ribu agar suara diarahkan ke satu kandidat.

Pemilihan calon nakhoda daerah otonom itu mendapat atensi khusus dari Kapolda Sumut Irjen Syarief Gunawan. Dia bersama para pejabat utama mengitari daerah ini. Interaksi bersama warga terkesan dibatasi dan memilih melaju santai di kendaraan dinas.

Sejumlah kendaraan khusus berikut seribuan personil dan brimob dari beberapa Polres dikerahkan. Aulia Andri Ketua Bawaslu Sumut dan tim melakukan monitoring. Pihaknya mendapati beberapa pelanggaran termasuk pemakaian surat undangan tak sesuai nama. (ssr/dp)

Satu pemikiran pada “Hasil Sementara Pilkada Dairi 2013

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s