Pembangunan Monumen Borsak Junjungan Silaban

Simbol Persatuan dan Kesatuan
Lintongnihuta – Peletakan batu pertama pembangunan Monumen Borsak Junjungan Silaban akan dilakukan pada 9 Oktober 2013 di Dolok Margu, Kecamatan Lintong Nihuta, Humbahas. Pembangunan monumen tersebut dilakukan atas kesepakatan bersama Pomparan Borsak Junjungan dengan Pengurus Borsak Junjungan Bona Pasogit dan Dunia. Tujuannya, sebagai simbol persatuan dan kesatuan.

Peletakan batu pertama direncanakan akan dihadiri seluruh Pomparan Borsak Junjungan Boru, Bere dan Ibebere secara khusus di Bona Pasogit. Monumen Ini merupakan kesepakatan dari hasil partangiangan tanggal 10-10-2010 yang lalu. Kesepakatan pembangunan tugu itu sebelumnya sudah diikat dalam perjamuan kudus untuk bersatu dan bersikap seiya sekata diantara sesama keturunan Borsak Junjungan yaitu keturunan Datu Bira, Datu Mangambit, dan Datu Guluan boru, bere, ibebere sedunia.

Pembangunan Tugu Borsak Junjungan itu dimaksudkan juga sebagai wujud simbol persatuan dan kesatuan. “Di samping sarana pemersatu, monumen Tugu Borsak Junjungan yang dididirikan di Dolok Margu Silaban ini mengingatkan para keturunan marga Silaban tempat asal muasalnya atau Bona Pasogit.

Jadi ini merupakan repleksi cinta leluhur dan arga do bona ni pinasa (perhargaan terhadap leluhur dan kampung halaman,” kata Tony Silaban, sebagai Ketua Panitia didampingi sekretaris panitia Drs Marnala Silaban MSc dan Karmawan Silaban Spd selaku Humas, Sabtu (4/10).

Tony Silaban juga mengimbau agar seluruh keturunan (Pomparan) Borsak Junjungan Silaban hadir pada peletakan batu pertama . “Secara khusus bagi pomparan Borsak Junjungan di Bona Pasogit dan Tapanuli Raya, kami sangat berharap kehadirannya sebagai ciri dan repleksi dari rasa kebersamaan dan saling memiliki antar sesama pomparan, informasi ini juga sekaligus undangan bagi para pomparan Borsak Junjungan,” tuturnya.

Peletakan batu pertama tersebut nantinya dilakukan oleh Ketua Marga Silaban se Indonesia dan se Dunia, Sahat Silaban.Usai acara peletakan batu pertama, juga akan dilakukan acara syukuran makan bersama bertempat di Huta Pea Sanggul, Desa Silaban Margu.

Sahat Silaban mengatakan, pembangunan Tugu tersebut diharapkan bisa menjadi paradigma baru bagi keluarga besar Silaban sedunia. “Kirannya mengisyaratkan kepada kita memberi dampak positif dan menjadi tugu hidup yang memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Di samping itu, pembangunan Tugu Borsak Junjungan dengan berbagai fasilitas ini, bisa dimanfaatkan Pomparan Borsak Junjungan dan masyarakat sekitar untuk melakukan berbagai kegiatan seperti upacara adat, acara pemerintahan, khususnya kegiatan-kegiatan masyarakat desa dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” harap Sahat. (juan)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s