Penerapan Kurikulum Baru Capai 99 Persen

MendikbudJakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mempersiapkan penerapan kurikulum 2013 yang sebentar lagi diberlakukan. Persiapan utama berkaitan dengan para guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menjamin persiapan penerapan kurikulum 2013 telah 99 persen Kemendikbud menyelenggarakan pelatihan instruktur nasional.

Mereka nantinya melatih guru inti. Kemudian dilanjutkan dengan melatih guru sasaran. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh mengatakan untuk pelatihan instruktur nasional telah selesai dilakukan.

Dari pelatihan tersebut menunjukkan hasil yang sudah bagus. Tahapan berikutnya dengan melatih guru inti dan sasaran pun diharapkan menunjukkan hasil serupa. “Insya allah dari sisi guru untuk 15 Juli (penerapan kurikulum 2013) sudah siap dan sudah selesai semua,” katanya, Selasa (9/7).

Ia menjelaskan pelatihan instruktur nasional diselenggarakan agar terjadi perubahan pola pikir guru dalam mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.

Instruktur nasional harus bisa memahami beberapa hal, di antaranya rasionalitas Kurikulum 2013, strategi implementasi Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Selain faktor guru, kemendikbud pun sudah mulai mendistribusikan buku kurikulum 2013. Sehingga pada hari penerapan kurikulum baru bisa dibagikan secara gratis kepada para siswa. “Buku-buku pun sudah bergerak dan daerah yang jauh-jauh pun sudah selesai sehingga bisa dipakai tanggal 15 besok,” katanya.

Instruktur Nasional Disiapkan Kemendikbud terus melakukan persiapan Kurikulum 2013 yang akan diterapkan secara bertahap mulai 15 Juli 2013. Sejumlah instruktur nasional yang bertugas mensosialisasikan Kurikulum 2013 juga sudah selesai dilatih.

Mendikbud Mumammad Nuh mengatakan, dalam pelatihan tersebut, semua instruktur nasional mengikuti pre-test dan post-test untuk mengetahui kemampuan mereka memahami Kurikulum 2013. “Sebelum kita berikan pelatihan, pemahaman peserta tentang rasionalitas kurikulum nilainya rata-rata 49,22. Setelah dijelaskan, nilainya naik menjadi rata-rata 71,19,” ujarnya di Kemendikbud.

Namun, kata dia, dari 544 peserta pelatihan instruktur nasional, hanya 409 orang yang dinyatakan mampu untuk mengajar guru inti. Kementerian memang menyaratkan, instruktur nasional harus memiliki nilai 80. Dengan standar tersebut, diharapkan mereka sudah memiliki bekal yang cukup ketika mensosialisasikan Kurikulum 2013.

Para peserta pelatihan instruktur nasional ini berasal dari kalangan dosen dan kepala sekolah berprestasi. Setelah diberikan pelatihan, mereka akan mentransfer ilmu yang didapat kepada guru inti. Selanjutnya, guru inti akan mengajarkan kembali pada guru sasaran.

Kemendikbud akan menerapkan Kurikulum 2013 secara bertahap mulai tahun ajaran baru ini. Sebanyak 6.300 sekolah di seluruh Indonesia yang memenuhi kriteria akan dijadikan sampel penerapan kurikulum baru itu. Sementara, jenjang pendidikan yang akan dijadikan uji coba penerapan Kurikulum 2013 yaitu kelas I, IV, VII dan X. (dtc/int)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s