1 Juli, KPU Taput Buka Pendaftaran Balon Bupati

LamtagonTarutung – Senin (1/7) mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput membuka pendaftaran bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati periode 2014-2019.

Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu, SH Jumat (27/6) mengatakan, pendaftaran balon Bupati Taput dibuka mulai Senin (1/7) hingga Sabtu (6/7).

“Pendaftaran itu terbuka dari kandidat kepala daerah yang diusung partai politik maupun dari calon perseorangan (independen),” terangnya.

Dia mengatakan, setiap parpol atau gabungan parpol yang mengusung balon bupati wajib memenuhi persyaratan, seperti minimal enam kursi legislatif atau 15 persen suara sah pada pemilihan legislatif (Pileg) 2009 lalu.

“Minimal enam kursi legislatif atau 15 persen suara sah pada Pileg 2009 lalu. Itu merupakan syarat mutlak parpol atau gabungan parpol yang mengusung bakal cabup,” terangnya.

Menurut Lamtagon, untuk perseorangan, dapat mendaftarkan diri apabila memenuhi syarat dukungan paling rendah lima persen dari jumlah penduduk Taput. Maksudnya 5 persen x 319.652 jiwa = 15.982,6 yang dibulatkan ke atas menjadi 15.983 jiwa.

“Jumlah dukungan dimaksud harus lebih dari 50 persen dari 25 kecamatan se-Taput. Minimal berasal dari delapan kecamatan yang ada di Taput,” ujarnya.

Dia menambahkan, pendaftaran balon bupati dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sementara untuk hari terakhir, KPU membuka pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB. Sehingga kepada balon bupati ataupun partai pengusung agar mempersiapkan berkas semaksimal mungkin. (cr-01/mua)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s