Bacaleg Perempuan di Taput 127 Orang

CalegTarutung – Jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) perempuan yang terdaftar dalam daftar calon sementara (DCS) Pemilu Legislatif 2014 di Tapanuli Utara mencapai 127 orang. Jumlah itu setara 39,7 persen dari total DCS yang mencapai 320 orang.

“Jumlah keterwakilan perempuan dalam daftar bakal calon anggota DPRD Taput mencapi 39,7 persen dari jumlah DCS 320 orang. Mereka berasal dari 12 partai politik (parpol),” kata Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu didampingi sekretaris J Suhartono Purba, Kamis (13/6).

Lamtagon menuturkan, dari 12 parpol yang telah menyerahkan daftar bacaleg DPRD Taput, seluruhnya sudah memenuhi kuota keterwakilan 30 persen perempuan. Parpol dengan jumlah keterwakilan perempuan paling tinggi yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 50 persen. Sementara jumlah keterwakilan perempuan paling rendah yakni Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 34,8 persen.

“Semua parpol peserta pemilu yang mendaftarkan calegnya rata-rata sudah memenuhi kuota minimal 30 persen. Namun, setelah diumumkannya DCS, KPU masih menunggu sanggahan dari masyarakat jika mengetahui sesuatu tentang bacaleg tersebut,” terangnya.

Menurut dia, selain 127 orang keterwakilan perempuan, jumlah bacaleg laki-laki sebanyak 193 orang. Rinciannya, Parta Nasdem sebanyak 35 orang, 21 laki-laki dan 14 perempuan. PKB sebanyak 30 orang, 19 laki-laki dan 11 perempuan. PKS sebanyak enam orang, tiga laki-laki dan tiga perempuan, PDIP sebanyak 35 orang, 21 laki-laki dan 14 perempuan.

Kemudian Golkar sebanyak 35 orang, 20 laki-laki dan 15 perempuan, Partai Gerindra sebanyak 35 orang, 21 laki-laki dan 14 perempuan. Partai Demokrat sebanyak 35 orang, 21 laki-laki dan 14 perempuan. PAN sebanyak 23 orang, 15 laki-laki dan delapan perempuan, PPP sebanyak lima orang, tiga laki-laki dan dua perempuan. Partai Hanura sebanyak 35 orang, 21 laki-laki dan 14 perempuan, PBB sebanyak 11 orang, tujuh laki-laki dan empat perempuan, PKPI sebanyak 35 orang, 21 laki-laki dan 14 perempuan. (cr-01/mua)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s