KPUD Taput Hapus 17 Ribu Nama dari DP4

Tarutung – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menghapus sebanyak 17.543 nama dari 218.227 Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Penghapusan nama-nama tersebut merupakan tindaklanjut dan mekanisme yang harus ditempuh untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dijadikan rujukan untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Taput.

“Dari sebanyak 218.227 DP4 sebelumnya, kita telah menghapus sebanyak 17.543 nama, dimana jumlah pengurangan itu akan kita tetapkan menjadi DPS Pilkada,”tandas Komisioner KPUD Taput, Hotman Harianja kepada wartawan, Jumat, (31/5).

Dia mengatakan, dengan adanya penghapusan DP4 tersebut, maka total jumlah DPS Pilkada Taput saat ini menjadi 200.684 pemilih (setelah dilakukan penghapusan). Jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 97.528 pemilih laki-laki, dan sebanyak 103.104 pemilih perempuan.

Lebih lanjut Hotman menjelaskan, jumlah DPS Taput tersebut selanjutnya akan dilakukan pemutakhiran data untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Taput.

“Sehingga DPS yang telah diumumkan nantinya akan dijadikan sebagai DPS perbaikan untuk penetapan DPT,”ujarnya.

Terpisah, Divisi Humas dan Pengawasan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Taput Sardion Situmeang SH  berharap agar KPUD setempat maksimal dalam melaksanakan pemutakhiran data. Hal ini bertujuan agar DPT Pilkada Taput ke depan akurat dan tidak simpangsiur.

“KPUD harus maksimal dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih Pilkada agar data pemilih bisa akurat, KPU juga harus memberikan penjelasan kepada warga apa itu DPS dan tujuan dipmutakhiran data, sehingga warga pemilih bisa memahaminya,” tandasnya. (can)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s