Balon Bupati Taput Jalur Independen Margan Sibarani – Sahat Maruli Tua Nababan

Tarutung – Pengumpulan bukti surat dukungan dan fotokopi KTP untuk bakal calon Bupati Tapanuli Utara periode 2014/2019 dari jalur independen tidak ada pengawasan dari pihak panitia pengawas kecamatan (panwascam).

Hal itu dikatakan salah seorang aktivis prodemokrasi di Taput Dompak Sunarto Hutasoit kepada wartawan, Senin (13/5) di Tarutung. “Proses pengumpulan dukungan untuk bacalon Bupati Taput dari independen sudah selesai kemarin. Okelah, saat ini sudah ada PPK dan PPS yang akan memverifikasi dukungan itu. Namun perlu kita ketahui, yang paling rawan di sini adalah proses pengumpulan dukungan itu yang tentunya kan sangat memungkinkan terjadinya transaksi-transaksi politik untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat,” ujar Dompak.

Untuk itu, Dompak berharap pimpinan Panwaslu Pemilukada Taput agar segera melantik panitia pengawas Pemilukada Taput di 15 kecamatan.
“Kita memang belum tahu secara jelas ada apa di balik belum dilantiknya Panwascam Pemilukada Taput ini. Karena jelas, panwascam dan panwaslu tingkat kabupaten bertugas mengawasi semua tahapan pemilukada,” paparnya.

Terpisah, Ketua Panwaslu Pemilukada Taput Edward Lumbantobing saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, membenarkan pihaknya belum mengukuhkan Panwascam Pemilukada Taput. Namun, kata dia, pelantikan panwascam tersebut akan segera dilaksanakan bulan ini.

Ditanya, apakah faktor dana hibah dari APBD Taput untuk kegiatan panwaslu sudah dicairkan? Edward menjawab, sedang dalam tahap proses. Namun, ia membantah faktor belum cairnya dana itu menjadi alasan yang mengakibatkan pelantikan panwascam terkendala.

“Dana dari Pemkab Taput memang belum cair. Namun saat ini sudah dalam proses pencairan. Dan itu bukan menjadi penyebab kenapa panwascam belum dilantik. Target kita memang panwascam dilantik di bulan ini,” tukasnya.

Ditanya apakah Panwascam Pemilukada Taput juga mengawasi penyampaian surat dukungan masyarakat kepada pasangan calon independen Margan Sibarani dan Sahat Maruli Tua Nababan yang baru-baru ini menyampaikan surat dukungan ke KPU Taput, Edward mengatakan, panwascam tetap bekerja. “Panwascam Pilgubsu kemarin kan sudah ditetapkan sebagai Panwascam Pemilukada Taput. Tapi belum dilantik. Jadi, mereka tetap bekerja,” pungkasnya tanpa menyebut apa pekerjaan dimaksud.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekdakab Taput HP Marpaung, ketika dikonfirmasi di kantornya terkait danah hibah tersebut, belum dapat dimintai keterangan. Dihubungi melalui telepon selulernya, Marpaung awalnya menerima. Namun, satu detik kemudian langsung terputus. Dikonfirmasi lewat pesan singkat ke ponselnya, lagi-lagi Marpaung tidak memberi jawaban.

Sebelumnya, Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu mengatakan, sesuai tahapan Pemilukada Taput, batas waktu penyampaian surat dukungan bakal calon Bupati Taput dari jalur independen dimulai tanggal 6 Mei dan ditutup 10 Mei.

“Jadi, saat pembukaan penyampaian surat dukungan itu, hanya satu yang masuk. Yakni dari pasangan Margan Sibarani dan Sahat Maruli Tua Nababan. Jumlah dukungan yang disampaikan ke KPU Taput sebanyak 20.055 orang. Sekarang dalam proses verifikasi dukungan yang disampaikan itu,” katanya singkat. (cr-02/hsl)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s