Pengganti Pesta Danau Toba Juni, Digelar Horas Parapat Fiesta

PestaPARAPAT – Beralihnya lokasi Pesta Danau Toba (PDT) pada Juni 2013 ke Kabupaten Samosir yang merupakan kesepekatan bersama tujuh Pemkab di sekitar Danau Toba, bukan berarti Parapat bakalan sunyi pada bulan tersebut. Sebab, akan digelar pesta Horas Parapat Fiesta (HPF) yang diyakini akan sama semaraknya dengan PDT.

Untuk mengisi kegiatan dan hiburan yang biasa dilaksanakan setiap tahun di Kota Pariwisata Parapat, warga Kecamatan Girsang Sipangan Bolon membentuk satu wadah, yakni Lembaga Musyawarah Pembangunan Masyarakat Parapat (LMPMP) dan hasil kesepakatan bersama yang disimpulkan dalam pertemuan LMPMP, maka Juni 2013 ini, Kota Parapat akan dilaksankan HPF yang akan menggantikan PDT yang biasa dilaksanakan setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia HPF Joni Sinaga bersama Camat Girsang Sipangan Bolon Drs Ojahan Nainggolan dalam pertemuan sosialisasi kegiatan kepariwisataan dengan para warga, pedagang, kepala sekolah, lurah/pangulu, pimpinan dan pengusaha hotel, kapal dan stakeholder, Rabu (1/5) sekira pukul 10.00 WIB di kantor Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Menurut Camat Girsang Sipangan Bolon Ojahan mengatakan, agar kegiatan Horas Parapat Fiesta ini terlaksana dengan baik, dia mengharapkan partisipasi dari pihak perhotelan, pengusaha kapal, lurah/pangulu dan kepala sekolah se-Kecamatan Girsang Sipangan Bolon untuk melibatkan warga dan siswa yang ada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Dia menambahkan, tujuan dibentuknya LMPMP ini untuk menunjukkan bahwa warga Parapat bisa menghibur orang lain dan kegiatan HPF ini diharapkan dapat membangun dan meningkatkan pariwisata di Kota Parapat ini.

Ojahan mengatakan, dalam HPF nanti, dia berharap kepada panitia agar melibatkan para pengusaha taxi yang ada di Kota Parapat. “Jika kita duduk bersama, pasti akan menghasilkan mufakat, dimana jika ada kebersamaan pastinya segala kegiatan akan terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Masih kata Ojahan, pada HPF nantinya, mereka akan melakukan pawai keliling di Kota Parapat, bertujuan untuk menunjukkan bahwa di Parapat ada keramaian untuk dipertontonkan ke para pengunjung. “Rencananya HPF akan dilaksanakan selama tiga hari,” ujarnya.

Ketua Panitia HPF Joni Sinaga menambahkan, acara ini diadakan atas nama LMPMP dan diadakan karena adanya keprihatinan melihat dampak menurunnya pengunjung wisatawan di Parapat. Joni menambahkan, LMPMP sudah dinotariskan, bergerak dalam bidang olah raga dan kesenian serta akan mengikutsertakan seluruh elemen masyarakat se-Kecamatan Girsang Sipangan Bolon-Parapat.

“Kami sebagai panitia bertekad, pada Juni 2013, pesta ini pasti akan dilaksanakan. Mudah-mudahan adanya pesta nanti, wisatawan makin meningkat serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat yang bermukim di Kota Pariwisata Parapat,” harapnya. (TH)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s