KPUD Taput Surati Pemkab Minta DP4

KPUDTarutung – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapanuli Utara menyurati pemkab setempat untuk menyusun Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Tindakan ini merupakan kegiatan pertama KPU dalam rangka proses pemutakhiran data untuk Pilkada Taput 2013.

“Kita sudah melayangkan surat permintaan DP4 Pilkada Taput 2013 tertanggal 27 Maret mengingat penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Taput untuk periode 2014-2019 sudah dimulai,” kata Anggota KPU Taput Janpiter Lumbantoruan SH kepada wartawan.

Katanya, meskipun sudah disurati, namun hingga kini Pemkab belum menyampaikan DP4 tersebut. Padahal, menurutnya, DP4 itu merupakan acuan dalam proses pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada.

Menurutnya, sesuai jadwal proses pemutakhiran data yang mulai dari penyusunan draf Daftar Pemilih Sementara (DPS) akan dilakukan selama kurang lebih tiga bulan mulai 17 April hingga pengumuman DPT bulan Juli mendatang.

“Proses pemutakhiran data pemilih itu tentu diperlukan DP4 sebagai data awal. Data itulah yang belum kami terima. Memang dalam isi surat itu, data tersebut kita mohonkan paling lambat diserahkan tanggal 15 April,” ucapnya.

Janpiter mengakui jika belum diterimanya DP4 tersebut membuat mereka sampai saat ini masih menunggu. “Kita tunggu sajalah, mungkin pemkab masih memproses pemberian DP4 dan kami kira belum terlambat,” tandasnya.

Dia juga mengungkapkan, info yang mereka terima, rencananya, pemkab bakal menyerahkan DP4, Senin (15/4). Hanya saja, rencana itu belum bisa dipastikan. “Sesuai surat permintaan kita, mungkin saja pemkab menyerahkan data itu Senin (15/4), tapi itu pun belum pasti,” sebutnya.

Sementara itu, Plt Sekda Taput saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkan bahwa pemkab belum menyerahkan DP4 dimaksud. Namun, dia berjanji, pihaknya akan menyerahkan sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU.

“Nanti akan kita serahkan (DP4, red) sesuai jadwal yang ditentukan,” singkatnya tanpa merinci kapan jadwal dimaksud. (cr-01)