KPUD Taput Rekrut 25 PPK dan 756 PPS

a14Tarutung – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapanuli Utara bakal merekrut ulang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Untuk PPK dibutuhkan 25 orang dan PPS 756 orang.

Rekrutmen ini dilaksanakan menjelang Pilkada Taput yang akan digelar 10 Oktober mendatang. “KPU akan melakukan rekrutmen PPK dan PPS yang baru. Sebab, PPK dan PPS sebelumnya bertugas untuk Pilgubsu yang sudah selesai digelar,” kata Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu kepada wartawan, Selasa (2/4).

Perekrutan PPK dan PPS tersebut merupakan salah satu langkah awal dalam pelaksanaan tahapan Pilkada sesuai lampiran Surat Keputusan KPU Taput 01/Kpts/KPU-Kab.002.434693/2013. Didampingi komisioner KPU Taput Lambas Matondang, Janpiter Lumbantoruan, Hotman Harianja dan Erids Aritongang, Lamtagon Manalu memaparkan, seluruh anggota PPK yang terdiri dari 25 orang tersebut akan tersebar di 15 kecamatan.

Sementara yang ke-756 PPS akan dirombak lantaran kontrak tugas mereka untuk mengawal pelaksanaan Pilgubsu sudah selesai. Dalam rekrutmen anggota PPK yang baru, Lamtagon tak mempersoalkan jika anggota PPK dan PPS yang lama akan mendaftar kembali untuk disertakan ke Pilkada Taput 2013.

“Tidak ada masalah seandainya ada PPK maupun PPS Pilgusbu kembali menjadi PPK dan PPS Pilkada Taput sepanjang memenuhi persyaratan,” ucapnya. Adapun jumlah PPK dan PPS yang direkrut antara lain; 25 orang PPK dengan asumsi lima orang per setiap kecamatan. Sebab, Taput terdiri dari 15 kecamtan. Sementara ke-756 PPS tersebut akan ditempatkan di kelurahan atau desa minimal tiga orang.

Adapun syarat untuk menjadi anggota PPK dan PPS yakni, harus berusia minimal 25 tahun dan minimal berpendidikan SMA serta tidak terlibat dalam kepengurusan parpol sekurang-kurangnya 5 tahun.

Selain itu, calon anggota PPK dan PPS juga wajib berdomisili di wilayah kerja yang dibuktikan dengan kartu keluarga. “Persyaratan lainnya harus independen atau tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon. Dan yang pasti harus berkewarganegaraan Indonesia,” tegas Lamtagon.

Pelaksanaan seleksi anggota PPK dan PPS itu akan dilakukan secara terbuka dan bisa diikuti oleh siapapun sepanjang tidak dicabut haknya oleh Undang Undang. Dia juga menyatakan akan melakukan tahapan itu secara jujur dan bertanggungjawab. (cr-01)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s