Petani Humbahas Luncurkan “Sumatra Lintong Coffee”

Dolok Sanggul – Petani organik di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) meluncurkan produk unggulan kopi berstandar internasional dengan lebel Sumatra Lintong Coffee. Produk ini merupakan hasil produksi para petani yang tergabung dalam Koperasi Serba Usaha (KSU) Petani Organik Mandiri (POM) Humbahas.
Ketua KSU POM Humbahas Gani Silaban kepada Analisa Minggu (3/3) mengatakan, peluncuran produksi kopi berstandar internasional tersebut bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu menjadi gambaran terhadap publik bahwa kwalitas produksi pertanian yang baik dapat memberikan keuntungan yang besar dan mampu berkontribusi untuk pembangunan kesejahteraan warga.

“Jadi kita memasarkan kopi dengan standart internasional. Serta kita juga memberikan produk kopi murni tanpa campuran apapun. Serta kita juga menjamin keseluruhan dari kopi kita organik,” jelasnya.

Gani juga mengatakan, Sumatra Lintong Coffee yang sudah dipasarkan dibagi dalam enam grade, ke enam grade tersebut ditentukan atas dasar kwalitas biji kopi. Pembagian grade tersebut berdasarkan jenis kopi dan kerusakan kopi. Atau berdasarkan nilai cacat mutu.

“Untuk grade 1-6 merupakan standart International dari ICO dan Standart SNI 01-2907-2008 AEKI,” katanya.

Gani mengatakan, bahwa kopi yang mahal adalah kopi dengan kwalitas terbaik serta sistem pengolahan sempurna dan unik. Selain itu keseluruhan kopi dikemas dengan bahan tertentu yang mampu menjaga cita rasa kopi yang sesungguhnya.

Sementara itu Sekda Humbahas, Drs Saul Situmorang mengatakan, saat ini kopi lintong sudah menjadi salah satu produk unggulan di pasaran yang telah memikat minat sejumlah penikmat kopi. Bahkan di beberapa coffee shop di perkotaan kopi lintong menjadi salah satu produk yang di unggulkan untuk menarik pasar.

Dengan diluncurkannya kopi dengan berbagai grade tersebut maka pasar kopi lintong dapat lebih luas dan berkontribusi terhadap petani. “Bahkan kopi lintong yang selama ini menjadi salah satu roduk unggulan kita sudah menembus pasar jepang. Kita selaku Pemkab telah mendukung lewat berbagai upaya, selanjutnya kita juga berharap berbagai pihak mendukung pengembangan produksi kopi tersebut,” jelasnya. (ph)

Satu pemikiran pada “Petani Humbahas Luncurkan “Sumatra Lintong Coffee”

  1. hotman sinaga

    Untuk menjaga agat kualitas kopi lintong tetap terjamin,pemda Humbahas harus sering memberikan penyuluhan kepada petani, karena dari dulu kopi Lintong sudah terkenal di Eropah.

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s