Draf DPT Berkurang 15 Ribu dari DP4 di Taput

Tarutung – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk wilayah Taput berkurang sekitar 15.066 dari 221.150 jiwa dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Penurunan itu diketahui setelah KPU mencatat jumlah pemilih untuk Pilgubsu 2013 mendatang.

“Jumlah data yang tercatat pada DP4 sebanyak 221.150 jiwa. Namun setelah diverifikasi, angka itu berkurang sekitar 15.066 jiwa. Sehingga draf DPT tercatat sebanyak 206.084 jiwa,” kata Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu kepada wartawan, Selasa (18/12).

Penurunan jumlah tersebut, sambungnya, diketahui berdasarkan hasil hitungan dalam proses penyaringan DP4 ke Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kemudian DPS hasil perbaikan sebagai dasar penyusunan draf DPT untuk kemudian dijadikan DPT.

“Sebelumnya, kita memberikan DP4 sebanyak 221.150 jiwa kepada PPS dan petugas PPDP guna dilaksanakan pemutakhiran data pemilih mulai 12 Oktober lalu. Dari hasil pemutakhiran itu, ditemukan sebanyak 15.066 jiwa tercoret dari DP4. Sebab, ada ditemukan pemilih yang ganda, pindah alamat dan meninggal dunia,” jelas Lamtagon.

Dengan begitu, hanya 206.084 jiwa yang memiliki hak untuk mencoblos di Pilgubsu 7 Maret 2013 mendatang. “Draf DPT sebanyak 206.084 jiwa yang tercatat itu terdiri atas 100.713 laki-laki dan 105.713 perempuan,” terangnya.

Draf DPT, sambungnya, akan diverifikasi lagi untuk kemudian ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Verifikasi dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) yang bekerja hingga batas akhir yang telah ditentukan.

Warga yang tidak tercantum dalam DPT nantinya, menurut KPU, tidak dapat memakai hak pilih. Warga berhak mempertanyakan, tetapi tidak bisa mendapat hak pilih.

“Hal itu adalah kesalahan warga karena tidak proaktif selama penyusunan DPS, DPS-HP dan DPT,” kata Lamtagon diamini Devisi Logistik Hotman Harianja. (cr-01)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s