Partai Demokrat Resmi Mengusung Pasangan Drs Amri Tambunan dan Dr Rustam Effendy MM Sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara

Sutan Bhatoegana
Sutan Bhatoegana

Medan — Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Drs Amri Tambunan dan Dr Rustam Effendy Nainggolan, MM sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara. Pasangan ini akan bersaing dengan empat pasangan lain yang telah mendeklarasikan diri, yaitu Gatot Pujo Nugroho ST-Tengku Erry Nuradi, Chairuman Harahap SH-Fadly Nurzal, Gus Irawan Pasaribu-Soekirman, dan Effendi Simbolon-Jumiran Abdi.

Dengan keputusan ini, sejumlah nama politisi Partai Demokrat yang disebut-sebut akan digadang menjadi Sumut-1, di antaranya anggota DPR Sutan Bhatoegana, tak menjadi pilihan. Ketua Tim Sembilan DPD Partai Demokrat Sumut Tahan Manahan Panggabean, Kamis (15/11/2012), mengatakan, pasangan yang diusung Partai Demokrat merupakan pilihan terbaik. Adapun nama lain banyak mendapat penolakan dari kader.

Partai Demokrat yang memiliki 27 kursi tidak berkoalisi dengan partai mana pun. Semula, pasangan ini akan mendaftar kemarin, tetapi batal karena Ketua DPD Partai Demokrat Sumut HT Milwan tidak muncul. Kejadian ini memunculkan rumor bahwa Milwan tidak mendukung Amri-Rustam. Namun, hal ini dibantah Sekretaris Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

“Iya, isu banyak sekali,” katanya.

Hinca menjelaskan, yang memiliki wewenang penuh memutuskan siapa calon gubernur yang diusung adalah Majelis Tinggi Partai. Kenapa kader Partai Demokrat yang mencalonkan diri seperti HT Milwan, Sutan Bhatoegana, dan nama lainnya tak didukung?

“Itu kewenangan pusat. Partai melihat Sutan Bhatoegana dan Cornel Simbolon masih dibutuhkan partai. Begitu pun dengan HT Milwan, masih dibutuhkan di daerah untuk memimpin partai. Kan harus satu, enggak mungkin semua,” ujarnya.

Survei

Berdasarkan polling Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dirilis 28 Oktober, pasangan Amri-Rustam dianggap saling melengkapi. Elektabilitas, popularitas, dan akseptabilitas pasangan ini tergolong tinggi. Hanya kalah dari pasangan Gatot-Erry.

Hinca mengatakan, DPP memutuskan Amri Tambunan dan RE setelah melakukan pemantauan tiga sampai empat bulan yang lalu. Apakah survei menunjukkan Amri Tambunan terbaik dari Sutan Bhatoegana dan nama-nama lain?

“Survei tidak harus menerjemahkan dialah yang terbaik. Survei itu kan angka-angka dan partailah yang menerjemahkan angka-angka tersebut. Partai memutuskan hanya satu calon, tidak mungkin lebih dari satu, jatuhnya kepada Bang Amri,” ujarnya.

Hinca mengatakan, Partai Demokrat belum mendaftarkan Amri-RE ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut karena waktu yang sangat mepet.

“Siap-siap tadi daftar. Nunggu Bang Sutan, nunggu semua, ah besok sajalah. Lagian tutup pendaftaran pukul empat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang No 32 Tahun 2004, pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah harus dilakukan tanda tangan pimpinan partai politik di setiap tingkatan.

“Wajib. Kalau pilkada provinsi maka yang menandatangani itu adalah DPD atau DPW-nya. Dalam hal ini ketua dan sekretaris partai politik tersebut,” ujarnya.

Adapun pasangan yang sudah mendaftarkan diri sebagai pasangan calon ke KPU adalah:

1. Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi (diusung lima partai, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Bintang Reformasi (PBR), yang memiliki 17 kursi di DPRD Sumut. Kemudian, dua partai yang tak memiliki kursi, yakni Partai Patriot dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU)).

2. Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan partai lainnya, yaitu Partai Buruh serta Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI)).

Sementara tiga pasangan lainnya, yakni Amri-Rustam Effendy, Gus-Soekirman, dan Efendi-Jumadi, akan mendaftarkan diri pada hari terakhir, Jumat (16/11/2012) ini.

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s