215.105 Warga Taput Terdaftar di DPS Pilgubsu

Tarutung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Utara telah merampungkan tahapan proses pemutakhiran data Daftar Penduduk Potensi Pemilih (DP4) Pilgubsu 2013. sebanyak 215.105 warga Taput telah terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS). Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu mengatakan, hasil rekapitulasi DPS Pilgubsu di 15 kecamatan se-Taput tercatat sebanyak 215.105 pemilih, dengan rincian laki-laki 105.360 orang, perempuan 109.745 orang dari hasil pemutakhiran DP4 sebanyak 221.150 jiwa. “DPS Pilgubsu saat ini sedang diumumkan oleh setiap Panitia Pemilihan Suara (PPS) dibantu Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di tingkat desa dan kelurahan yang ditempel di tempat-tempat umum,” kata Lamtagon, Selasa (13/11) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, berdasarkan pengumuman yang mereka terima, masyarakat diperbolehkan mengajukan usul perbaikan atau penambahan pemilih baru untuk seterusnya dicatat oleh PPS dalam DPS perbaikan. Sehingga masyarakat yang sudah memenuhi syarat pemilih dapat menggunakan hak pilih pada Pilgubsu Maret 2013 mendatang. Sesuai jadwal dan tahapan Pilgubsu 2013, DPS Pilgubsu sudah direkapitulasi Senin (12/11) dan mulai diumumkan ke masyarkat, Selasa (13/11) oleh PPS dibantu PPDP.

“Pengumuman itu akan berlangsung hingga 30 Nopember. Nantinya DPS ini diperbaiki lagi menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) kemudian dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),“ jelasnya. Lamtagon menambahkan, pengumuman DPS Pilgubsu tersebut dilakukan di tempat terbuka untuk kemudian akan dibenahi jika ada masukan dari masyarakat dan diumumkan kembali dalam bentuk daftar pemilih tambahan pada 1 Desember 2012 hingga 3 Desember. Kemudian akan diumumkan kembali menjadi daftar pemilih tetap. (cr-01)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s