Curah Hujan Tinggi Petani Resah Tanaman Cabai Diserang Hama

Tarutung – Sejumlah petani di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, mulai resah akibat curah hujan tinggi di daerah itu. Sebab, setiap kali musim hujan, tanaman cabai terancam diserang hama. Seperti, buah busuk dan daun keriting.

Jika hal itu terjadi, maka petani di daerah ini bakal mengalami kerugian karena berdampak terhadap hasil produksi. Cristina P Lumbantobing (37) salah seorang petani cabai di Tarutung mengaku khawatir atas tingginya curah hujan belakangan ini. “Saya khawatir akan merosotnya hasil produksi dan insensitas serangan hama di musim penghujan seperti sekarang ini. Sebab, kondisi ini berpelung buruk terhadap tanaman,” kata Cristina kepada wartawan, Jumat (12/10) di Tarutung.

Selain itu, sambungnya, kondisi ini juga menyebabkan petani kesulitan mencari biaya tambahan dan menambah hasil produksi. “Kondisi ini memaksa kami mengeluarkan biaya perawatan tambahan, karena dimusim hujan seperti ini cabai banyak busuk. Hal ini menjadi bumerang bagi kami,” terangnya.

Senada dikatakan petani cabai lainnya. Mereka berharap pemerintah membantu petani memberi bantuan obat-obatan. “Kita ingin pemerintah membantu petani bagaimana cara mengatasi atau membasmi hama pada tanaman ini. Dengan demikian, kita pasti sedikit terbantu. Paling tidak meminimalisir hama berkembang biak,” harapnya.

Menanggapi keresahan petani, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan, Peternakan dan Kehutanan (BP4K) Taput Ir Sabam Nainggolan mengharapkan petani melakukan antisipasi dengan memberikan penanganan khusus dengan membuat drainase dalam bedengan agar tidak menimbulkan genangan pada sejumlah akar tanaman.

“Kalau hujan tinggi, namun ada cahaya matahari yang menyinari maka peluang terjadinya jamur itu tidak begitu tinggi. Untuk itu, petani harus proaktif membuat drainase dalam bedengan tanaman, serta memberi penyinaran yang baik. Sebab cahaya matahari juga akan sulit didapatkan saat musim hujan seperti sekarang ini,” imbuhnya singkat. (cr-01/des)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s