STAKPN Tarutung Terima 300 Mahasiswa Baru

Kampus II STAKPN di Silangkitang Sipoholon

Sipoholon – Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Tarutung menyiapkan 300 kursi untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2012. Penerimaan pendaftaran mahasiswa baru tersebut dilakukan dengan dua gelombang. Kabag Akademik dan Administrasi Kemahasiswaan STAKPN Tarutung Marsion Tumanggor, Sabtu (21/7) mengatakan, untuk gelombang pertama sudah dilakukan pada akhir bulan Mei lalu dan gelombang kedua akan dilakukan pada Agustus mendatang. “Sedangkan registrasi dan ujian tes tertulis serta tes psikologis akan dilakukan pada bulan September. Tahun ini kita menerima sebanyak 300 mahasiwa,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, jumlah penerimaan siswa baru tersebut untuk mengisi 4 jurusan di STAKPN yang meliputi Pendidikan Agama Kristen (PAK) terdiri dari Theologi, Musik Gerejawi, dan Pastoral Konseling, kemudian jurusan Akta IV Prodi PAK, Program Kualifikasi Guru PAK D2, D3 dan PGAKPN serta pasca sarjana Magister PAK.

Dikatakannya, penerimaan mahasiswa tersebut tetap melalui hasil nilai seleksi karena STAKPN bukan berdasarkan kuantitas melainkan kualitas. Adapun syarat pendaftaran yakni fotokopy Ijazah/SKHU dilegalisir 2 lembar, pas poto 3×4 hitam putih 3 lembar. Pendaftar juga dibebani biaya sebesar Rp100 ribu. Sedangkan bagi yang mengambil Prodi Teologi dan Pastoral Konseling diwajibkan membawa surat rekomendasi dari gereja,” katanya.

Pada penerimaan gelombang pertama akhir Mei lalu, kata dia, sudah ada sebanyak 161 calon mahasiswa yang mendaftar. “Kita lihat saja nanti hasilnya semua setelah dilakukan penerimaan gelombang kedua Agustus mendatang. Yang jelas kita menyiapkan sebanyak 300 kursi untuk semua pendaftar baik dari dalam maupun luar Sumut,” ujarnya.

Dia menyebutkan, kurikulum yang dipergunakan sama seperti yang digunakan perguruan tinggi Teologi/Agama Kristen yang lain di Indonesia. “Kurikulum yang kita gunakan sama dengan yang lain yaitu kurikulum standar minimal (KSM) nasional ditambah kurikulum muatan lokal yang sesuai visi dalam perkembangan masyarakat dan gereja,” ucapnya lagi.

Ditambahkannya, Perguruan Tinggi Kristen ini bertujuan untuk membentuk sumber daya nanusia (SDM) yang tangguh, handal dan beriman yang mampu berperan di tengah-tengah kehidupan bangsa, masyarakat dan gereja. “STAKPN awalnya dari Sekolah Pendidikan Kristen Protestan (PGAKP), selanjutnya Lembaga Pendidik Tenaga Keguruan Pendidik Agama Kristen (LPTK- PAK) dan meningkat menjadi Akademi Pendidikan Guru Agama Kristen Protestan (APGAKP) Negeri Tarutung. Pada 1999 menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN),” pungkasnya.(Metro/cr-01/nasa)

3 pemikiran pada “STAKPN Tarutung Terima 300 Mahasiswa Baru

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s