Cornel Simbolon Siap Perjuangkan Provinsi Nias

Medan – Letjen (Purn) Cornel Simbolon MSc mendapat gelar Tuha Sa Lele O Hito oleh masyarakat adat Teluk Dalam, Nias Selatan. Gelar itu diberi saat kunjungannya selama tiga hari di Pulau Nias belum lama ini.
Gelar bermakna raja yang tidak pernah merasa lelah berjuang dalam mewujudkan keadilan itu diberikan sebagai bentuk doa sekaligus dukungan masyarakat Teluk Dalam kepada mantan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) tersbeut dalam meraih cita-cita menjadi Gubsu dalam Pilgubsu 7 Maret 2013.

Dalam acara yang diikuti 150 orang perwakilan masyarakat adat itu dihadiri Drs Justin Daci (Ama Iro), pimpinan masyarakat adat dan Pastor Thomas dari Keuskupan Sibolga.

Menurut Justin, gelar ini mereka berikan karena Cornel Simbolon dianggap sebagai pejuang yang diharapkan bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat Nias Selatan, yang kini jauh dari perhatian Pemerintah Provinsi Sumut, terutama jika nantinya berhasil duduk menjadi Gubernur Sumut.

“Kami yakin Bapak Cornel sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan pembangunan Nisel,” ujarnya yang disambut aplaus dari undangan yang hadir.

Justin juga secara khusus menitipkan pesan kepada Cornel untuk berjuang mewujudkan Provinsi Nias. Menurutnya, pembentukan provinsi merupakan harapan masyarakat di Kepulauan Nias untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia pun mengkritik kebijakan Pempropsu yang kurang peduli dengan pembangunan di Pulau Nias. Nyaris tidak ada pembangunan yang dilakukan. Kalaupun jalan-jalan raya tampak mulus di Nias, itu bukan hasil kepedulian Pemprovsu, namun dibangun Badan Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh dan Nias pasca tsunami dan gempa beberapa tahun lalu.

Cornel Simbolon merasa bangga dan tersanjung atas gelar yang diberikan masyarakat Teluk Dalam kepadanya.

Menurutnya, gelar ini menjadi sebuah cambuk kepadanya untuk semakin semangat dalam mewujudkan cita-citanya menjadi gubernur yang tentunya tidak mudah untuk mencapainya.

“Berkat doa dan dukungan masyarakat Nias, khususnya Teluk Dalam ini, saya menjadi lebih semangat. Soal Provinsi Nias, jika memang itu sebagai solusi untuk meningkatkan Nias dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, maka saya akan berjuang dengan melakukan lobi ke pemerintah pusat dana DPR untuk merealisasikannya,” sebut Cornel.

Menurut Ketua DPP Partai Demokrat ini, Kepulauan Nias sangat kaya akan sumber daya alamnya, khususnya pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata. Jika potensi ini dikelola dengan baik, maka tidak sulit membuat Nias menjadi daerah yang maju, tingkat ekonomi masyarakat meningkat.

“Sebagai daerah kepulauan, tentu kaya akan hasil ikan. Di Nias tentunya wajar dibangun industri perikanan,” paparnya.

Dalam kunjungannya ke Teluk Dalam, Cornel juga melakukan pertemuan dengan kalangan pemuda dari sejumlah OKP/Ormas dan LSM, di Wisma Yonas, yang juga dihadiri Ketua DPRD yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Nias Selatan, Effendi.

Di Kota Gunung Sitoli, Cornel tampil sebagai pembicara dalam seminar tentang peranan umat dalam hidup bernegara, berbangsa dan bermasyarakat, yang diikuti perwakilan masyarakat dari kecamatan Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Utara dan Kota Gunung Sitoli, Ketua DPRD Nias Utara Rasali Zaluku dan para anggota DPRD

Pembicara lainnya adalah Wasekjen DPP PAN Barnabas, Ketua DPP PKB Taslim Hermani SH MH, serta Bupati yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo SH MH.(Analisa/rel/nai)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s