Polres Taput Tahan Tersangka Korupsi Gaji Guru

Kabag Humas Polres Taput Aipda W Barimbing

Tarutung – Polisi Resor Tapanuli Utara (Taput) menetapkan dan menahan tersangka korupsi inisial RS (40), selaku Bendahara Pengeluaran Pembantu Dinas Pendidikan Kabupaten Taput di SMP N I Kecamatan Simangumban. RS diduga melakukan tindak pidana korupsi APBD Taput tahun anggaran 2011 senilai Rp 42.324.100.
“Tersangka RS saat ini ditahan di Polres Taput, sejak 14 Mei, karena diduga telah menggelapkan dana gaji guru yang seharusnya tidak menjadi tanggungan APBD,” jelas Kanit Tipikor Polres Taput Krisna Napitupulu di Mapolres Tapanuli Utara, Kamis, (24/5).

Dia menyebutkan modus tersangka melakukan korupsi memanfaatkan salah seorang guru di SMP N I Kecamatan Simangumban, bernama Justinus Panggabean pindah tugas ke Dinas Pendidikan Pematang Siantar pada 2010. Harusnya gaji guru yang sudah pindah sudah ditanggung APBD Kota Siantar.

“Tapi tersangka tidak melaporkan perpindahan itu dan tetap mengambil gaji guru yang sudah pindah itu, bisa dikatakan yang dikorupsi adalah murni gaji guru yang bersangkutan, selama 14 bulan ditambah gaji tunjangan lainnya sejak 2011 sampai Februari 2012 APBD Kabupaten Taput,”ujarnya.

Dia menyebutkan informasi ini diperoleh setelah adanya laporan masyarakat atas tindakan yang melanggar hukum itu.

Didampingi Kabag Humas Polres Taput Aipda W. Barimbing, Krisna juga menyampaikan tersangka sengaja tidak melaporkan perpindahan guru yang bersangkutan kepada atasannya, dan seolah-olah guru itu masih tetap bekerja di wilayah Pemkab Taput. Padahal sudah pindah tugas ke Kota Siantar dan gajinya sudah ditanggung APBD Kota Pematang Siantar.

” Kita sudah menemukan bukti-bukti sebanyak lima item berupa surat pemberhentian pembayaran gaji yang sudah pindah, foto kopi keputusan Walikota Pematang Siantar, daftar gaji SMP N I Simangumban, daftar gaji ke 13, dan agenda surat masuk dan surat keluar SMP N Kecamatan Simangumban Taput,” ungkapnya.

Dia menyebutkan tersangka dijerat Pasal 2 ayat 1 UU NO 31 tahun 1999 jo UU no 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. “Hasil penyelidikan kita belum ada dugaan kasus ini ke pihak lain, ini dilakukan tersanga sendiri,” jelasnya.(Analisa/can)

Satu pemikiran pada “Polres Taput Tahan Tersangka Korupsi Gaji Guru

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s