Ephorus: Perempuan HKBP Harus jadi Pohon Anggur

Sipoholon – Konferensi perempuan HKBP tahun 2012 yang diikuti ribuan peserta dari berbagai distrik, di akhiri dengan kebaktian raya di Seminarium Sipoholon, Taput, Minggu (6/5). Kebaktian dipimpin langsung Ehorus HKBP Pdt Dr Bonar Napitupulu.

Ibadah raya tersebut berlangsung khidmat, aman dan tertib yang dihadiri Bupati Humbahas Maddin Sihombing, Wakil Bupati Taput Bangkit P Silaban SE, Kapolres Taput AKBP IKG Wijadmika, para pendeta dan ribuan jemaat. Ephorus HKBP Pdt Bonar Napitupulu dalam arahannya mengajak perempuan HKBP untuk tetap memantapkan diri di tengah-tengah masyarakat yang semakin serba komplek.

“Perempuan HKBP harus dapat menjadi pohon anggur di tengah-tengah keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Walaupun pohon anggur lemah, dan harus ditopang, namun buahnya sangat bermanfaat. Demikian juga perempuan dalam kelemahlembutannya punya kuasa menghasilkan yang bernilai tinggi di tengah-tengah keluarganya,” ujarnya. Bahkan, lanjut Ephorus, perempuan juga harus dapat bersaing secara sehat dengan kaum laki-laki untuk menduduki satu jabatan.

“Kalau perlu mulai dari jabatan ephorus hingga pendeta resort HKBP dapat diisi oleh perempuan jika memang ada kemampuan untuk itu,” terangnya. Ephorus juga menimpali yang diungkapkan oleh Bupati Humbahas Maddin Sihombing menyangkut peranan perempuan dalam mendidik anak-anak di tengah keluarga dengan menanamkan bahasa Batak. “Peran ibu sangat penting untuk melestarikan bahasa dan budaya Batak tanpa mengabaikan bahasa Indonesia dan bahasa internasional,” sebutnya.

Sebelumnya, ketua umum panitia Konferensi Perempuan HKBP 2012, Anny Rosma Napitupulu mengatakan, konferensi dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 3-6 Mei. Konferensi diikuti dua orang utusan dari setiap resort yang berjumlah 1.074 orang. Kegiatan yang dilakukan selama empat hari ini bertujuan untuk mempersiapakan dan melengkapi kaum perempuan HKBP agar mampu mewujudkan visi dan misinya sebagai pelayan.

Disebutkan, konferensi tersebut bukan sekedar program rutin HKBP, melainkan perwujudan tugas dan panggilan kepada kaum perempuan HKBP untuk dapat memberikan peran yang lebih bermakna. Bahkan, lanjutnya, mempersiapkan dan memperlengkapi kaum perempuan HKBP agar mampu mewujudkan visi dan misinya sebagai pelayan, sehingga semakin mampu dan kuat menghadapi tantangan kehidupan.

Melalui konferensi perempuan HKBP maka perempuan akan dapat meningkatkan spritualitas iman dan memiliki kepedualian akan masalah-masalah sosial yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.
Anny juga menyebut, kegiatan tersebut diisi dengan ceramah yang menampilkan penceramah Pdt Bonar Napitupulu (Ephorus HKBP) bertopik “Ina soripada yang hidup dalam kebenaran dan kekudusan Allah.

” Pdt DR Jamilin Sirait (Kadep Koinonia HKBP) dengan materi “Perempuan dan persekutuan.” Anny Napitupulu (Ny Drs Maddin Sihombing, Bupati Humbahas) bertopik “Perempuan bijak, ahli pengelola keuangan keluarga.” Pdt DR Binsar Nainggolan (Kadep Marturia HKBP) dengan topik “Keharmonisan keluarga.” dr Danten boru Bangun “Kesehatan perempuan dan keluarga.” Anny juga mengucapkan terima kasih kepada semua elemen yang mendukung dan menyukseskan pagelaran tersebut.

Sementara mewakili pemerintah daerah kawasan Tapanuli, Maddin Sihombing mengatakan, pemerintah sangat berterima kasih dan mendukung penyelenggaraan konferensi perempuan dan ibadah raya yang digelar di Seminarium Sipoholon. “Kita harapkan dengan konferensi perempuan HKBP ini dapat menghasilkan nilai-nilai positif di tengah-tengah keluarga, masyarakat dan negara. Seluruh peserta diharapkan dapat menerapkan hasil dari konferensi,” ujar Maddin yang juga Bupati Humbahas.

Dari hasil rangkuman konferensi perempuan HKBP muncul sejumlah ide. Di antaranya, agar HKBP memperjelas dan mengoptimalkan peranan perempuan di tingkat distrik termasuk ada rilis di media massa tentang permasalahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hendaknya diadakan pelatihan khusus kepada sintua ina HKBP. Lalu agar lebih dipentingkan pengajaran-pengajaran kepada anak sekolah minggu dan juga pembinaan kepada remaja/naposo bulung. (Metro/cr-01)

2 pemikiran pada “Ephorus: Perempuan HKBP Harus jadi Pohon Anggur

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s